Penerapan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV MIN 32 Aceh Besar

Syukran Villayani, 201325179 (2018) Penerapan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV MIN 32 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Media Gambar Seri]
Preview
Text (Mengenai tentang Media Gambar Seri)
PDF DIGABUNG KESELURUHANpdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of FORM B DAN D.pdf]
Preview
Text
FORM B DAN D.pdf

Download (683kB) | Preview

Abstract

Dari hasil observasi penelitian pada sekolah MIN 32 Aceh Besar, penulis melihat masalah kemampuan menulis karangan siswa masih kurang efektif, kurangnya kemampuan menulis karangan narasi disebabkan ketika pembelajaran terlalu didominasi oleh guru dan tidak memberikan media yang sesuai dengan pembelajaran yang akan berlangsung, siswa hanya diam dan ketika mengarang tidak teratur dan terarah pada materi tersebut. Siswa hanya mendengarkan saja apa yang disampaikan oleh guru tanpa mengetahui makna dari materi yang disampaikan. Oleh karena itu, penulis mencoba melakukan upaya untuk menciptakan proses belajar mengajar yang lebih efektif dengan menerapkan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru tentang penggunaan media gambar seri siswa kelas IV MIN 32 Aceh Besar. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa kelas IV MIN 32 Aceh Besar terhadap penggunaan media gambar seri dalam meningkatan kemampuan menulis karangan narasi. (3) Untuk mengatahui penggunaan media gambar seri dalam menulis karangan narasi siswa kelas IV MIN 32 Aceh Besar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 71,66 dalam kategori baik, dan siklus II meningkat dengan nilai 96,66 dalam kategori sangat baik. (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 69,23 dalam kategori cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 86,53 berada dalam kategori sangat baik. (3) hasil tes siswa pada siklus I sebesar 68,42% berada dalam kategori cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 89,47% dalam kategori sangat baik dan siswa telah tuntas secara klasikal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan media gambar seri dapat meningkatkan siswa dalam menulis karangan narasi siswa kelas IV MIN 32 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Nurdin Manyak, M. Ag; 2. Silvia Sandi Wisuda Lubis, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Gambar Seri dan Kemampuan Menulis Karangan Narasi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.5 Seni kreatif dan pekerjaan tanggan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syukran Villayani
Date Deposited: 21 Mar 2018 04:25
Last Modified: 21 Mar 2018 04:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2998

Actions (login required)

View Item
View Item