Sumber Belajar Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah sebagai Biologi pada Sub Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMPN 4 Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan

Yanti Sartika, 281223192 (2018) Sumber Belajar Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah sebagai Biologi pada Sub Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMPN 4 Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Sumber Belajar Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah sebagai Biologi]
Preview
Text (Membahas Tentang Sumber Belajar Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah sebagai Biologi)
Yanti Sartika.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar, akan memberikan tuntunan dalam mengaitkan antara materi dengan lingkungan seharihari, sehingga dapat meningkatkan keaktifan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi tumbuhan dengan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode Quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 4 Kluet Utara yang terdiri dari 3 kelas dengan sampel siswa kelas VII2 dan VII3 menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa di kelas eksperimen tergolong aktif yaitu 73,43%, sedangkan aktivitas siswa di kelas kontrol tergolong cukup aktif yaitu 59,37%, rata-rata nilai hasil post-test kelas eksperimen yaitu 73, sedangkan kelas kontrol yaitu 63,75. Hasil analisis data thitung > ttabel (5,05>1,68) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa yang menggunakan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar biologi pada materi klasifikasi tumbuhan di SMPN 4 Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan lebih baik dari pada aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan hanya di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Nurasiah, M.Pd 2.Nurlia Zahara, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Sekitar Sekolah, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Yanti Sartika
Date Deposited: 26 Mar 2018 08:57
Last Modified: 26 Mar 2018 08:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3080

Actions (login required)

View Item
View Item