Kompetensi Pedagogik Guru Lulusan Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry di Kabupaten Aceh Selatan

Siti Ramlah, 281121549 (2016) Kompetensi Pedagogik Guru Lulusan Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry di Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
SITI RAMLAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (511kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru lulusan Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry yang mengajar di tingkat sekolah lanjutan maupun sekolah tingkat menengah di Kabupaten Aceh Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah guru biologi lulusan Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry yang mengajar di tingkat sekolah lanjutan maupun sekolah tingkat menengah di Kabupaten Aceh Selatan yang berada pada wilayah Labuhan Haji, Meukek, Sawang, Samadua, Tapaktuan, Kluet, sedangkan yang dijadikan sampel yaitu 11 orang guru biologi dan 210 murid dengan proses pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan daftar pernyataan dari 34 pernyataan (angket). Teknik analisis data secara analisis kuantitatif dan deskriptif. Hasil nilai persentase kompetensi pedagogik guru biologi dari keseluruhan analisis angket guru yaitu 75,29%, dan angket murid dengan hasil persentase rata-rata yaitu 75,72%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru biologi lulusan UIN Ar-Raniry yang mengajar di tingkat sekolah lanjutan maupun sekolah tingkat menengah di Kabupaten Aceh Selatan tergolong dalam kategori baik. Hanya saja dalam aspek penggunaan media pembelajaran masih tergolong dalam kategori cukup. Hal ini disebabkan karena fasilitas pendukung pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang tersedia pada beberapa sekolah belum lengkap, sehingga pemanfaatan media teknologi informasi dan komunikasi belum dapat digunakan secara optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Samsul Kamal, M.Pd; 2. Eva Nauli Taib, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Guru Biologi, Kompetensi Guru,Kompetensi Pedagogik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Siti Ramlah
Date Deposited: 26 Apr 2018 03:02
Last Modified: 26 Apr 2018 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3444

Actions (login required)

View Item
View Item