Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Siswa MTs

Aris Munandar, 261324574 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Siswa MTs. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Mengenai tentang Model Pembelajaran)
ARIS MUNANDAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berpikir kritis matematis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan, baik permasalahan matematis maupun permasalahan yang terkait dalam kehidupan. Berpikir kritis merupakan hal yang harus dikembangkan dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika. Namun berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kritis pada siswa MTsS diperoleh hanya 41,6% siswa dapat mengerjakan soal intepretasi, 25% siswa dapat mengerjakan soal analisis, 12,5% siswa dapat mengerjakan soal evaluasi dan 12,5% siswa dapat mengerjakan soal inferensi. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa masih kurang .Salah satu model pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah model pembelajaran reciprocal teaching. Model reciprocal teaching memiliki empat tahapan meliputi: klarifikasi, prediksi, membuat pertanyaan, dan merangkum. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran reciprocal teaching? (2) apakah kemampuan berpikir kritis matematis siswa MTs yang dibelajarkan dengan model reciprocal teaching lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional? Rancangan penelitian bersifat quasi eksperimen dengan desain pretest postest Equivalent group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsS Tgk Chiek Umar Diyan. Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIIa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIb sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis matematis. Hasil penelitian menunjukkan (1) thitung =5,34 dan ttabel =1,70 atau t_hitung>t_tabel sehingga terima H1 yang disimpulkan bahwa model pembelajaran reciprocal teaching dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (2) berdasarkan uji-t hipotesis kedua, maka diperoleh thitung = 3,02 dan t(tabel) = 1,67 atau thitung > t(tabel) sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan model reciprocal teaching lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. M. Duskri, M.Kes; 2. Zikra Hayati, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Berpikir Kritis Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Aris Munandar
Date Deposited: 18 Apr 2018 04:14
Last Modified: 18 Apr 2018 04:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3537

Actions (login required)

View Item
View Item