Efektivitas Program Pendidikan Pengguna di Pusat Perpustakaan UIN Ar-Raniry dan Pengaruhnya terhadap Pengetahuan Akses Informasi Mahasiswa Baru S-1 Ilmu Perpustakaan tahun Akademik 2014/2015

Elvi Nurfida, 531002339 (2016) Efektivitas Program Pendidikan Pengguna di Pusat Perpustakaan UIN Ar-Raniry dan Pengaruhnya terhadap Pengetahuan Akses Informasi Mahasiswa Baru S-1 Ilmu Perpustakaan tahun Akademik 2014/2015. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pendidikan Pemakai Pustaka]
Preview
Text (Membahas tentang Pendidikan Pemakai Pustaka)
Elvi Nurfida.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Efektivitas Program Pendidikan Pengguna di Pusat Perpustakaan UIN Ar-Raniry dan Pengaruhnya Terhadap Pengetahuan Akses Informasi Mahasiswa Baru S-1 Ilmu Perpustakaan tahun Akademik 2014/2015”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah program pendidikan pengguna berpengaruh terhadap pengetahuan akses informasi mahasiswa baru S-1 Ilmu Perpustakaan di Pusat Perpustakaan UIN Ar-Raniry. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan regresi. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa baru S-1 jurusan ilmu perpustakaan tahun Akademik 2014/2015 yang berjumlah 98 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pendidikan pengguna (X), terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengetahuan akses informasi (Y). Hal ini ditunjukkan dari hasil uji F, dimana Fhitung > Ftabel (55,203 > 2,32), maka hasil tersebut dinyatakan memiliki dampak yang signifikan. Jadi hipotesis yang mengatakan bahwa variabel pendidikan pengguna memiliki pengaruh terhadap pengetahuan akses informasi dapat diterima dan terbukti benar. Adanya pengaruh penerapan pendidikan pengguna terhadap pengetahuan akses informasi Perpustakaan UIN AR-Raniry diperoleh dari nilai R-square (R²) sebesar 0,55. Artinya variabel independen yang terdiri variabel pendidikan pengguna memberikan kontribusi sumbangan sebesar 55% terhadap pengetahuan akses informasi. Indeks angka korelasi product moment nilai rxy sebesar 0.974. Nilai tersebut menunjukkan bahwa antara variabel x dan y terdapat korelasi yang sangat kuat. Jadi terdapat korelasi yang positif sebesar 0.974 antara pendidikan pengguna dan pengetahuan akses informasi. Diharapkan adanya penerapan pendidikan pengguna perpustakaan terhadap pengetahuan akses informasi Perpustakaan UIN AR-Raniry kepada pemustaka baik dalam hal peminjaman buku, pengembalian buku, dan memberikan informasi kepada pemustaka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Nazaruddin, MLIS 2.Ruslan, MLIS
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Pemakai, Perpustakaan, Informasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 25 May 2018 04:33
Last Modified: 25 May 2018 04:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3957

Actions (login required)

View Item
View Item