Anggun Mahmudayani, 291324988 (2018) Keefektifan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Minyak Bumi di MAN 3 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
ANGGUN MAHMUDAYANI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf
Download (184kB) | Preview
Abstract
Proses pembelajaran kimia di dalam kelas berlangsung dengan teacher oriented (berpusat pada guru) sehingga siswa kurang aktif dikelas. Hal ini di buktikan dari nilai rata – rata siswa adalah 70 lebih rendah di banding KKM adalah 75. Model pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan salah satu model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran khususnya materi minyak bumi guna untuk mempermudah siswa dalam pembelajaran kimia. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi minyak bumi di MAN 3 Aceh Besar dan juga melihat respon siswa dalam pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing pada materi minyak bumi di MAN 3 Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain penelitian one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 3 Aceh Besar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA-3 yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling yaitu pengambilan dengan menggunakan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes dan angket. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus N-Gain dan uji t berpasangan sedangkan data untuk angket dianalisis dengan persentase. Dari hasil uji t berpasangan diperoleh hasil yakni nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap peningkatan hasil belajar siswa MAN 3 Aceh Besar pada materi minyak bumi. Sedangkan pada analisis N-Gain diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan kategori tinggi hasil ini dari rerata N-Gain kelas eksperimen yakni 0,8. Hasil respon siswa menunjukkan bahwa siswa tertarik belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi minyak bumi hal ini terbukti dari jumlah rata-rata persentase respon siswa setuju dan sangat setuju adalah 85,99%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1.Ir. Amna Emda M.Pd 2.Safrijal, M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran inkuiri terbimbing, hasil belajar, respon siswa, minyak bumi. |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Anggun Mahmudayani |
Date Deposited: | 20 Jul 2018 03:30 |
Last Modified: | 20 Jul 2018 03:30 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4194 |