Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Elhanief Group Banda Aceh (Ditinjau Berdasarkan UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dan Etika Bisnis Islam)

Khayatul Wardani, 121310056 (2018) Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Elhanief Group Banda Aceh (Ditinjau Berdasarkan UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dan Etika Bisnis Islam). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR)]
Preview
Text (Membahas tentang Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR))
Khayatul Wardani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (680kB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (600kB) | Preview

Abstract

Tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR merupakan salah satu peraturan resmi di Indonesia. Salah satu UU yang mengatur mengenai CSR yaitu UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, pada Pasal 74 ayat (1) disebutkan bahwa perusahaan yang diwajibkan melaksanakan CSR ialah perusahaan yang bergerak di bidang sumber daya alam dan/atau berkaitan dengannya. Berdasarkan UU diatas, Elhanief Group tidak termasuk dalam kategori perusahaan tersebut, melainkan bergerak di bidang percetakan. Pelaksanaan CSR oleh Elhanief Group merupakan inisiatif dari pemilik perusahaan yang mengutamakan sifat kedermawanan terhadap sesama muslim. Elhanief Group melaksanakan program CSR-nya secara konsisten yaitu dengan menyalurkan dana setiap bulannya. Alokasi dana CSR Elhanief Group bersumber dari ṣadaqah perusahaan yang dipotong sebesar 2,5% dari setiap harga yang dibayar oleh pembeli pada semua cabang perusahaan Elhanief Group dan juga bersumber dari sumbangan donatur. Kajian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan berikut, faktor-faktor apa saja yang mendorong pelaksanaan CSR pada Elhanief Group, bagaimana pelaksanaan CSR pada Elhanief Group berdasarkan UU No. 40 Tahun 2007 dan bagaimana pandangan etika bisnis Islam terhadap pelaksanaan CSR tersebut. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan diperoleh berdasarkan metode pengumpulan data lapangan (field research) dan kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan CSR tersebut didasarkan pada faktor-faktor seperti adanya ketentuan undang-undang mengenai CSR, komitmen perusahaan untuk melaksanakan CSR secara berkesinambungan sejak didirikan, serta merupakan kewajiban bagi seorang muslim untuk saling berbagi antarsesama. Berdasarkan Pasal 74 UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, maka Elhanief Group tidak wajib melaksanakan CSR, namun dapat dilaksanakan sesuai dengan kepatutan dan kewajaran. Pelaksanaan CSR secara konsisten dan berkesinambungan oleh Elhanief Group sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam dan dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain yang setara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Armiadi., S.Ag., MA 2.Dr. Badrul Munir., Lc., MA
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR), UU, Etika Bisnis Islam, dan Elhanief Group
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.24 Syarikah/Musyarakah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Khayatul Wardani
Date Deposited: 25 Jul 2018 08:06
Last Modified: 25 Jul 2018 08:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4222

Actions (login required)

View Item
View Item