Komunikasi Antarpribadi Unit Pengelola Kegiatan (UPK) dengan Masyarakat (Studi Terhadap Simpan Pinjam Khusus Perempuan (SPP) Darussalam – Aceh Besar).

Ratana Sari, 411206682 (2018) Komunikasi Antarpribadi Unit Pengelola Kegiatan (UPK) dengan Masyarakat (Studi Terhadap Simpan Pinjam Khusus Perempuan (SPP) Darussalam – Aceh Besar). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang  Komunikasi Antarpribadi Unit Pengelola Kegiatan (UPK) dengan Masyarakat]
Preview
Text (Membahas tentang Komunikasi Antarpribadi Unit Pengelola Kegiatan (UPK) dengan Masyarakat)
Ratna Sari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (387kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Komunikasi Antarpribadi Unit Pengelola Kegiatan (UPK) dengan Masyarakat (Studi Terhadap Simpan Pinjam Khusus Perempuan (SPP) Darussalam – Aceh Besar ). Dalam pemberdayaan masyarakat UPK membentuk beberapa program untuk mengembangkan usaha masyarakat, salah satunya SPP. Kegiatan SPP ini merupakan upaya pemerintah Indonesia untuk mengembangkan potensi kegiatan simpan pinjam pedesaan, kemudahan akses pendanaan usaha skala mikro, pemenuhan kebutuhan pendanaan sosial dasar, dan memperkuat kelembagaan kegiatan kaum perempuan serta mendorong pengurangan rumah tangga miskin dan penciptaan lapangan kerja. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu, komunikasi antarpribadi UPK dalam mendorong pengembalian pinjaman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana komunikasi antarpribadi UPK dalam mendorong pengembalian pinjaman terhadap masyarakat di kecamatannya dan untuk mengetahui hambatan yang terjadi dalam proses komunikasi antarpribadi antara UPK dengan Masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah staf UPK dan Anggota kelompok SPP dengan jumlah informan 13 (tiga belas) orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara secara mendalam dengan melakukan tanya jawab kepada informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Komunikasi antarpribadi yang dilakukan oleh UPK dalam mendorong pengembalian pinjaman adalah berdialog dengan peminjam yang menunggak satu persatu untuk mengetahui penyebab penunggakan mereka. Mencoba bernegosisi dengan menawarkan keringanan mereka dalam melunasi tunggakannya. Hambatan-hambatan yang terjadi dalam proses komunikasi antarpribadi UPK dengan masyarakat yaitu: hambatan geografis, hambatan semantik, hambatan komunikasi, hambatan status dan hambatan kerangka berpikir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Drs. Syukri Syamaun, M. Ag 2.Fakhruddin, S. Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Antarpribadi, UPK, SPP, Masyarakat
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.5 Hubungan individu dengan masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ratna Sari
Date Deposited: 27 Jul 2018 09:35
Last Modified: 27 Jul 2018 09:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4330

Actions (login required)

View Item
View Item