Pengaruh Media Animasi terhadap Aktivitas dan hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak pada Tumbuhan di SMP N 1 Pasie Raja

Amini, 281324939 (2018) Pengaruh Media Animasi terhadap Aktivitas dan hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak pada Tumbuhan di SMP N 1 Pasie Raja. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Amini.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (160kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di SMP N 1 Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan masih banyak kendala diantaranya, siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang dibelajarkan oleh guru. Guru hanya menggunakan metode ceramah dan media pembelajaran yang belum bervariasi. Hal tersebut memberi dampak terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa yang tidak mencukupi KKM serta terbatas dalam mengembangkan pengetahuan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada materi gerak pada tumbuhan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan true-eksperimen, populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII dan sampel kelas VIII1 dan kelas VIII3 dengan jumlah masing–masing 27 siswa. Pengumpulan data aktivitas belajar siswa menggunakan lembar observasi dan hasil belajar siswa dengan soal tes. Analisis data aktivitas belajar siswa menggunakan rumus persentase aktivitas belajar, dan hasil belajar siswa dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas belajar siswa di kelas kontrol untuk pertemuan 1 yaitu 79,43% (Aktif) dan pertemuan ke-2 yaitu 88,06% (Sangat Aktif) sedangkan nilai aktivitas belajar di kelas eksperimen pada pertemuan 1 yaitu 77,72% (Aktif) dan pertemuan ke-2 yaitu 95,9% (Sangat Aktif). Data hasil belajar post-test kelas kontrol yaitu 70,83 sedangkan data hasil post-test kelas eksperimen yaitu 83,04 terlihat dimana thitung > ttabel yaitu 4,24 > 1,67. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media animasi berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi gerak pada tumbuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Samsul Kamal, M.Pd 2. Eva Nauli Taib, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Animasi, Aktivitas belajar siswa, Hasil belajar siswa, Gerak pada Tumbuhan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Amini -
Date Deposited: 14 Aug 2018 03:23
Last Modified: 14 Aug 2018 03:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4499

Actions (login required)

View Item
View Item