Syamsidar, 231003040 (2025) Penerapan Media Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas V di SD Negeri Lambada Klieng. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Syamsidar, 231003040, PASCA, PAI..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (10MB)
Cover - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Abstract
Wordwall merupakan aplikasi berbasis jaringan atau web yang bersifat sebagai aplikasi edukasi yang didalamnya terdapat berbagai fitur atau template yang tersedia sehingga dalam penggunaannya mampu membuat pembelajaran lebih bervariasi. Dari hasil pre elemenary reseach yang dilakukan di SDN Lambada Klieng ditemukan bahwa proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Studi awal yang dilakukan penulis, salah seorang guru Pendidikan Agama Islam di SDN tersebut mengatakan bahwa beliau belum pernah menerapkan berbagai media pembelajaran termasuk media wordwall ini. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui aktivitas penerapan media wordwall oleh guru PAI SDN Lambada Klieng Aceh Besar dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukan penerapan media wordwall. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas VA dengan karakteristik kemampuan yang heterogen. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup: (1) Bagaimana aktifitas pembelajaran media wordwall pada materi “Ketika Kehidupan telah Berhenti” oleh Guru PAI SDN Lambada Klieng, dan (2) Bagaimana Peningkatan hasil belajar siswa pada materi “ “Ketika Kehidupan telah Berhenti” setelah dilakukan penerapan media wordwall tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, hasil belajar siswa mencapai 70 %, dengan 11 siswa (44%) mencapai KKM dan 14 siswa (56%) belum tuntas. Pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan dengan 23 siswa (92,00%) mencapai KKM dan hanya 2 siswa (8%) yang belum tuntas, dengan demikian, penerapan media Wordwall melalui model TSTS terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Syamsidar Syamsidar |
| Date Deposited: | 29 Jul 2025 07:24 |
| Last Modified: | 29 Jul 2025 07:24 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46692 |
