Pengembangan Tes Diagnostik Bentuk Essay untuk Mengetahui Miskonsepsi Siswa pada Materi Larutan Asam Basa di SMA Negeri 3 Banda Aceh

Aprinita Lisanul, 140208193 (2018) Pengembangan Tes Diagnostik Bentuk Essay untuk Mengetahui Miskonsepsi Siswa pada Materi Larutan Asam Basa di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengembangan Tes Diagnostik Bentuk Essay]
Preview
Text (Membahas tentang Pengembangan Tes Diagnostik Bentuk Essay)
Aprinita Lisanul.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes diagnostik bentuk essay dalam mengetahui miskonsepsi siswa pada materi larutan asam basa dan mengetahui miskonsepsi siswa pada materi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model prosedural mengadaptasi prosedur pengembangan Sugiyono. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa kelas XI SMA Negeri 3 Banda Aceh. Data diperoleh melalui tes diagnostik bentuk essay dan dianalisis dengan teknik Certainty of Response Index (CRI). Simpulan hasil penelitian ini adalah telah berhasil dikembangkan tes diagnostik bentuk essay untuk mengetahui miskonsepsi siswa pada materi larutan asam basa di kelas XI menggunakan teknik Certainty of Response Index (CRI) dengan jumlah 20 butir soal, serta produk akhir yang dihasilkan dari tes diagnostik bentuk essay memiliki 10 butir soal dengan kriteria valid dan tingkat reliabilitas yang tinggi. Miskonsepsi dapat teridentifikasi dari 26 siswa yang menjadi subjek penelitian dengan menggunakan tes diagnostik bentuk essay pada materi larutan asam basa yang dianalisis menggunakan teknik Certainty of Response Index (CRI) memiliki persentase tertinggi sebesar 81% pada indikator soal menyebutkan sifat larutan asam maupun basa, menghitung derajat ionisasi asam dan basa sebesar 65% dan 58% pada menghitung pH penetralan serta rerata miskonsepsi secara keseluruhan sebesar 29,80%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr.Azhar Amsal, M.Pd 2. Nurbayani, M.A
Uncontrolled Keywords: Tes Diagnostik Bentuk Essay, Miskonsepsi, Larutan Asam Basa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Aprinita Lisanul
Date Deposited: 24 Sep 2018 03:05
Last Modified: 24 Sep 2018 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4942

Actions (login required)

View Item
View Item