Strategi Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Sikap Konformintas Siswa di Tingkat SMA Negeri 1 Teunom Aceh Jaya

Arif Fadilah, 271222990 (2018) Strategi Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Sikap Konformintas Siswa di Tingkat SMA Negeri 1 Teunom Aceh Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang pembentukan Sikap Siswa]
Preview
Text (Membahas tentang pembentukan Sikap Siswa)
Arif Fadilah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of From B dan From D.pdf]
Preview
Text
From B dan From D.pdf

Download (759kB) | Preview

Abstract

Remaja umumnya memang amat rentan terhadap pengaruh yang dihadapkan pada permasalahan sosial yang dapat dapat merusak sistem sekolah dan meciderai masa depan siswa itu sendiri. Hal ini juga berlaku di SMAN 1 Teunom Aceh Jaya, ditemukan sebagian besar siswa berkepribadian yang tidak sesuai dengan nilai-nilai agama, adat dan sosial masyarakat, seperti buang sampah sembarangan, tidak memasukkan baju kedalam, rambut panjang acak acakan, suka menjahili kawannya sendiri, merokok, enggan untuk ikut gotong royong, ribut saat pembelajaran, memberi julukan guru dengan bahasa tidak sopan, membolos, terlambat kesekolah, pulang sekolah tidak langsung ke rumah. Untuk itu, kehadiran guru bimbingan dan konseling dengan strategi konsep konformitas merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk menumbuhkan kesadaran diri peserta didik, control, dan kreatifitas baik dilakukan secara individual maupun kelompok, guna untuk menjadikan siswa lebih tertib, teratur dan disiplin. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru BK dalam membina sikap konformitas siswa di SMAN 1 Teunom. Selanjutnya, untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru bimbingan dan konseling dalam membina sikap konformitas siswa di SMAN 1 Teunom. Kemudian, untuk mengetahui solusi yang ditempuh guru BK terhadap kendala dalam membina sikap konformitas siswa di SMAN 1 Teunom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, obeservasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi guru bimbingan konseling dalam membina sikap konformitas siswa di sekolah menggunakan dua pendekatan yaitu, 1). Memberikan contoh taudalan yang baik dari guru dengan pembiasaan prilaku terpuji kepada siswa dalam kegaiatan sehari hari sebagai hasil output dari proses pembelajaran. 2). Memberikan teguran dengan nasehat yang baik jika ada siswa yang melanggar. Adapun kendala yang dihadapi guru bimbingan konseling dalam menerapkan sikap konformitas siswa di SMAN 1 Teunom Aceh Jaya. 1). Kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya disiplin dan tangung jawab. 2). Kurangnya kedisiplinan di rumah serta lemahnya pengawasan dari dari orang tua. Adapun solusi terhadap kendala dalam membina sikap konformitas di SMAN 1 Teunom Aceh Jaya, 1). Pemberian reward dan punishment yaitu memberi ganjaran kepada siswa yang bermasalah dengan diberi pembinaan secara komprehensif tertib dan reward diberikan kepada siswa teladan dalam berperilaku. 2). Membangun komunikasi yang baik antar warga sekolah baik siswa, wali kelas dan guru BK yang terkait dalam penerapan sikap konformitas siswa. 3). Melakukan evaluasi secara berkala terkait perkembangan prilaku siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Basidin Mizal,M.Pd; 2. Drs. Hasby Wahy,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling, Konforminta, Strategi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Arif Fadilah
Date Deposited: 24 Sep 2018 05:26
Last Modified: 24 Sep 2018 05:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4986

Actions (login required)

View Item
View Item