Pengaruh Keterampilan Pendidik Fisika dalam Menggunakan Variasi Gaya Mengajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMKN 2 Meulaboh

Ines Febri Santiya, 140204009 (2018) Pengaruh Keterampilan Pendidik Fisika dalam Menggunakan Variasi Gaya Mengajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMKN 2 Meulaboh. Skripsi thesis, UI Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Keterampilan Gaya Mengajar Pendidik]
Preview
Text (Membahas tentang Keterampilan Gaya Mengajar Pendidik)
Ines Febri Santiya.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Keterampilan Gaya Mengajar Pendidik]
Preview
Text (Membahas tentang Keterampilan Gaya Mengajar Pendidik)
Form B dan Form D.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (691kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar fisika peserta didik kelas XI di SMK Negeri 2 Meulaboh umumnya masih rendah. Hal ini diketahui berdasarkan wawancara dengan Bapak guru fisika di SMK Negeri 2 Meulaboh bahwa ada sebagian peserta didik yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal KKM (75). Untuk itu dibutuhkan suatu keterampilan yang bervariasi pada saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan: a) untuk mengetahui pengaruh keterampilan pendidik fisika dalam menggunakan variasi gaya mengajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI di SMKN 2 Meulaboh, b) untuk mengetahui keterampilan pendidik fisika dalam menggunakan variasi gaya mengajar kelas XI di SMKN 2 Meulaboh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode Pre Experimental Design dengan One-Group Pre-test post-test Design. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan lembar observasi keterampilan variasi gaya mengajar pendidik SMK Negeri 2 Meulaboh. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t dan data hasil observasi keterampilan variasi gaya mengajar pendidik menggunakan analisis deskriptif (presentase). Hasil penelitian dari uji statistik menunjukkan bahwa setelah menggunakan keterampilan variasi gaya mengajar didapat thitung > ttabel (19,04 > 1,708) pada taraf signifikan 95% yang berarti Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis kelas XI di SMK Negeri 2 Meulaboh. Keterampilan variasi gaya mengajar yang dilakukan oleh pendidik SMK Negeri 2 Meulaboh diperoleh nilai dengan presentase 84,72% dan tergolong dalam kategori Baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Ridhwan, M.Si 2. Fera Annisa, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Keterampilan Variasi Gaya Mengajar, Fluida Statis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Ines Febri Santiya
Date Deposited: 28 Sep 2018 03:10
Last Modified: 28 Sep 2018 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5083

Actions (login required)

View Item
View Item