Ines Febri Santiya, 140204009 (2018) Pengaruh Keterampilan Pendidik Fisika dalam Menggunakan Variasi Gaya Mengajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMKN 2 Meulaboh. Skripsi thesis, UI Ar-Raniry Banda Aceh.
Ines Febri Santiya.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (691kB) | Preview
Abstract
Hasil belajar fisika peserta didik kelas XI di SMK Negeri 2 Meulaboh umumnya masih rendah. Hal ini diketahui berdasarkan wawancara dengan Bapak guru fisika di SMK Negeri 2 Meulaboh bahwa ada sebagian peserta didik yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal KKM (75). Untuk itu dibutuhkan suatu keterampilan yang bervariasi pada saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan: a) untuk mengetahui pengaruh keterampilan pendidik fisika dalam menggunakan variasi gaya mengajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI di SMKN 2 Meulaboh, b) untuk mengetahui keterampilan pendidik fisika dalam menggunakan variasi gaya mengajar kelas XI di SMKN 2 Meulaboh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode Pre Experimental Design dengan One-Group Pre-test post-test Design. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan lembar observasi keterampilan variasi gaya mengajar pendidik SMK Negeri 2 Meulaboh. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t dan data hasil observasi keterampilan variasi gaya mengajar pendidik menggunakan analisis deskriptif (presentase). Hasil penelitian dari uji statistik menunjukkan bahwa setelah menggunakan keterampilan variasi gaya mengajar didapat thitung > ttabel (19,04 > 1,708) pada taraf signifikan 95% yang berarti Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis kelas XI di SMK Negeri 2 Meulaboh. Keterampilan variasi gaya mengajar yang dilakukan oleh pendidik SMK Negeri 2 Meulaboh diperoleh nilai dengan presentase 84,72% dan tergolong dalam kategori Baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Ridhwan, M.Si 2. Fera Annisa, M.Sc |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Keterampilan Variasi Gaya Mengajar, Fluida Statis |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Ines Febri Santiya |
Date Deposited: | 28 Sep 2018 03:10 |
Last Modified: | 28 Sep 2018 03:10 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5083 |