Penerapan Discovery Learning melalui Media Animasi pada Materi Ikatan Kimia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MAN 2 Aceh Tengah

Apriani, 140208126 (2018) Penerapan Discovery Learning melalui Media Animasi pada Materi Ikatan Kimia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MAN 2 Aceh Tengah. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Apriani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (936kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, menunjukkan bahwa proses pembelajaran kimia di MAN 2 Aceh Tengah hanya menggunakan metode ceramah. Sehingga, tidak terjadinya proses belajar aktif siswa. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian tentang penerapan discovery learning melalui media animasi pada materi ikatan kimia. Rumusan dan tujuan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) aktivitas siswa, (2) aktivitas guru, (3) peningkatan hasil belajar siswa, dan (4) respon siswa. Rancangan penelitian menggunakan desain PTK. Sampel penelitian adalah siswa X MIA-1 berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, pemberian tes berbentuk essay dan angket. Data observasi dianalisis dengan teknik persentase, hasil tes dianalisis menggunakan rumus ketuntasan belajar dan ketuntasan klasikal, respon siswa dianalisis menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: persentase aktivitas guru adalah 88,45% pada siklus I, 92,60% pada siklus II dan 96,30% pada siklus III. Aktivitas siswa tergolong aktif, karena persentase nilai setiap aktivitas sangat tinggi. Hasil belajar siswa memiliki nilai rata-rata 67,88 pada siklus I, siklus II 72,68 dan meningkat pada siklus III menjadi 76,20. Ketuntasan klasikal siklus I adalah 76,66%, siklus II 86,66%, siklus III menjadi 93,33%. Persentase respon siswa dengan kriteria jawaban sangat positif sebanyak 90,33%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan Discovery Learning Melalui Media Animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr . Mujakir, M.Pd.Si 2.Teuku Badlisyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Hasil Belajar, Ikatan Kimia.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Apriani -
Date Deposited: 19 Oct 2018 04:17
Last Modified: 19 Oct 2018 04:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5329

Actions (login required)

View Item
View Item