Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Fluida Statis di SMAN 1 Bakongan Timur

Asnidar, 140204137 (2018) Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Fluida Statis di SMAN 1 Bakongan Timur. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Asnidar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMAN 1 Bakongan Timur terlihat masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dan lemah dalam menguasai konsep-konsep fisika, sehingga hal ini berpengaruh pada nilai akhir peserta didik yang belum mencapai KKM yaitu 75%. Oleh karena itu dilakukan upaya mengatasi kondisi tersebut, salah satu cara adalah dengan memilih model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Materi Fluida Statis di SMAN 1 Bakongan Timur. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen dengan one-group pre-test-post-test design. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah statistik Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pre-test = 43,5 sedangkan rata-rata nilai post-test = 77,75. Berdasarkan hasil perhitungan dari uji statistik diperoleh thitung > ttabel yaitu 10,10 > 1,73 untuk taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan = 19 yang berarti Ha diterima. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Materi Fluida statis di SMAN 1 Bakongan Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Ridhwan, M.Si 2. Fera Annisa M.Sc
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning), Hasil Belajar Siswa, Fluida Statis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Asnidar -
Date Deposited: 10 Oct 2018 04:56
Last Modified: 10 Oct 2018 04:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5345

Actions (login required)

View Item
View Item