Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam dalam Belajar Al-Kitabah di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry

Zayyan Najla, 21132362 (2018) Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam dalam Belajar Al-Kitabah di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Kesulitan Mahasiswa Belajar Al-Kitabah]
Preview
Text (Membahas tentang Kesulitan Mahasiswa Belajar Al-Kitabah)
Zayyan Najla.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Kesulitan Mahasiswa Belajar Al-Kitabah]
Preview
Text (Membahas tentang Kesulitan Mahasiswa Belajar Al-Kitabah)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (478kB) | Preview

Abstract

Kesulitan belajar adalah suatu kondisi yang menimbulkan hambatan dalam proses belajar seseorang. Mahasiswa Pendidikan Agama Islam seharusnya menguasai mata kuliah Al-Kitabah, namun realita yang terjadi di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan khususnya di Prodi Pendidikan Agama Islam masih banyak mahasiswa/mahasiswi yang mengalami kesulitan dalam belajar Al-Kitabah. Penelitian ini dilaksanakan di Prodi PAI UIN Ar-Raniry dengan judul “Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam dalam Belajar Al-Kitabah di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-RAniry”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi mahasiswa Pendidikan Agama Islam dalam mempelajari Al-Kitabah, faktor-faktor penyebab kesulitannya dan upaya dalam mengatasi kesulitannya. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian perpustakaan (library research), dan penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Pendidikan Agama Islam di UIN Ar-Raniry mengalami berbagai kesulitan dalam mempelajari Al-Kitabah, kesulitan itu berupa penguasaan bahasa arab dalam penulisan huruf-huruf hijaiyah, kurangnya minat dan motivasi di kalangan mahasiswa sehingga tidak dapat mempelajari Al-Kitabah dengan baik. Kurangnya penguasaan tersebut juga disebabkan karena latar belakang pendidikan dari SMA dan fasilitas yang kurang memadai seperti kurangnya buku-buku yang mendukung pembelajaran Al-Kitabah. Upaya dalam mengatasi kesulitan mahasiswa dalam belajar Al-Kitabah adalah dengan memperkenalkan huruf-huruf arab dan metode penulisannya, memberikan motivasi, sering mengoreksi, memberikan tugas dan latihan, menggunakan metode yang tepat dan juga media yang dapat memudahkan mahasiswa dalam belajar Al-Kitabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Hamdiah MA 2. Masbur S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Al-Kitabah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 378 Pendidikan tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zayyan Najla
Date Deposited: 22 Oct 2018 05:08
Last Modified: 22 Oct 2018 05:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5599

Actions (login required)

View Item
View Item