Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Keterampilan Ilmiah Peserta Didik pada Konsep Hukum Newton Kelas X Sman Bina Bangsa

Kartika Mudarti, 251324445 (2018) Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Keterampilan Ilmiah Peserta Didik pada Konsep Hukum Newton Kelas X Sman Bina Bangsa. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Keterampilan Ilmiah Peserta Didik]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Keterampilan Ilmiah Peserta Didik)
Kartika Mudarti.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Keterampilan Ilmiah Peserta Didik]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Keterampilan Ilmiah Peserta Didik)
From B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (578kB) | Preview

Abstract

Keterampilan Ilmiah peserta didik masih rendah pada pelajaran fisika khususnya materi hukum newton, hal ini disebabkan karena pendidik kurang sesuai penggunakan media pembelajaran pada waktu proses belajar mengajar berlangsung, sehingga membuat peserta didik merasa bosan dan jenuh. Salah satu solusi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan pembelajaran metode eksperimen yang merupakan salah satu metode yang baik untuk diterapkan pada sistem pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap keterampilan ilmiah peserta didik. Keterampilan Ilmiah ini menggunakan pikiran, nalar dan perbuatan secara efisien dan efektif untuk mencapai suatu hasil tertentu, termasuk kreativitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Eksperimen dengan Posttest-Only Control Design, yang melibatkan kelas kontrol X MIA Darul Ulum yang berjumlah 28 peserta didik dan kelas eksperimen X IA SMA Bina Bangsa yang berjumlah 19 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t dan hasil tes pada tiap indikator keterampilan ilmiah menggunakan analisa deskriptif (persentase). Berdasarkan hasil perhitungan dari uji statistik menunjukkan bahwa thitung ˃ttabel yaitu 2,69 > 1,68 untuk taraf signifikan 95% atau⍺= 0,05 sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap keterampilan ilmiah peserta didik pada materi hukum newton di SMAS Bina Bangsa, hasil keterampilan ilmiah perserta didik 78,92% lebih tinggi dibandingkan Mas Darul Ulum sebagai kelas kontrol sebesar 71%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Samsul Bahri, M.Pd. 2. Sabaruddin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen, Hukum Newton, Keterampilan Ilmiah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: kartika mudarti
Date Deposited: 30 Oct 2018 16:23
Last Modified: 30 Oct 2018 16:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5635

Actions (login required)

View Item
View Item