Kepercayaan Diri Siswa (Self-Confidence) dalam Penyelesaian Tugas Akademik di SMA N 1 Peukan Baro Kabupaten Pidie

Syahrin Arfina, 271121489 (2018) Kepercayaan Diri Siswa (Self-Confidence) dalam Penyelesaian Tugas Akademik di SMA N 1 Peukan Baro Kabupaten Pidie. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Sikap Siswa]
Preview
Text (Membahas tentang Sikap Siswa)
Syahrin Arfina.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Sikap Siswa]
Preview
Text (Membahas tentang Sikap Siswa)
Form B dan Form D .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (394kB) | Preview

Abstract

Kepercayaan diri pada dasarnya merupakan keyakinan terhadap diri sendiri bahwa seorang individu bisa dan yakin dalam mengambil suatu keputusan dan tindakan, dalam menyelesaikan tugas akademik, siswa SMA 1 Peukan Baro Kabupaten Pidie seringkali bermasalah dengan kepercayaan diri dimana siswa selalu mengeluh tidak mampu, takut, malas, dan merasa tak yakin dengan jawabannya ketika mengerjakan tugas sekolah, hal ini tentu menjadi masalah yang serius terhadap kepercayaan diri siswa dalam menyelesaikan tugas akademik siswa di SMA 1 Peukan Baro Kabupaten Pidie, mengingat sekolah ini merupakan salah satu sekolah favorit di Kabupaten Pidie, adapun berdasarkan hasil observasi awal belum terdapat data tentang tingkat kepercayaan diri siswa di SMA 1 Peukan Baro Kabupaten Pidie membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang kepercayaan diri siswa dalam menyelesaikan tugas akademik siswa di SMA Peukan Baro Kabupaten Pidie. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 18 Januari 2017 dengan tujuan untuk mengetahui cara dan metode guru Biologi di SMA 1 Peukan Baro Kabupaten Pidie dalam proses belajar mengajar serta hambatan apa saja yang ditemui guru dan siswa terhadap tingkat kepercayaan diri siswa dalam penyelesaian tugas akademik di SMA 1 Peukan Baro Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey research yang bersifat deskriptif yaitu metode dan jenis penelitian yang bersifat mengumpulkan data, menyelidiki dan mengolah data dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses belajar mengajar Guru Biologi SMA 1 Peukan Baro Kabupaten Pidie menggunakan cara yang biasa digunakan guru-guru pada umumnya seperti menanyakan kabar, membuka pembelajaran, memberi pembelajaran, Tanya jawab, pemberian post-test, memberi motivasi belajar, pemberian tugas rumah dan mengucapkan salam. Adapun metode yang digunakan umumnya menggunakan metode ceramah atau menggunakan metode konvensional/ metode lama. adapun hambatan siswa SMA 1 Peukan Baro Kabupaten Pidie dalam menyelesaikan tugas akademik siswa terletak pada dua indicator utama yang meliputi kurangnya minat siswa terhadap tugas serta karakter tugas yang diberikan guru membuat siswa kurang termotivasi untuk mengerjakan tugas, adapun hambatan bagi guru adalah penggunaan pendekatan, metode, serta karakter tugas yang dapat menyenangkan dan meningkatkan motivasi bagi siswa dalam mengerjakan tugas siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Basidin Mizal, M.Pd; 2. Nurussalami, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Diri Siswa, Tugas Akademik Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Syahrin Arfina Marwan
Date Deposited: 12 Nov 2018 09:19
Last Modified: 12 Nov 2018 09:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5757

Actions (login required)

View Item
View Item