Hubungan Pengetahuan Siswa pada Mata Pelajaran Biologi dan Hadist terhadap Etika Makan dan Minum sesuai Sunnah di SMA Islam Al-Falah Abu Lam U

Ariska, 140207113 (2018) Hubungan Pengetahuan Siswa pada Mata Pelajaran Biologi dan Hadist terhadap Etika Makan dan Minum sesuai Sunnah di SMA Islam Al-Falah Abu Lam U. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Perilaku Siswa]
Preview
Text (Membahas tentang Perilaku Siswa)
Ariska.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Perilaku Siswa]
Preview
Text (Membahas tentang Perilaku Siswa)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (906kB) | Preview

Abstract

Perilaku siswa terhadap etika makan dan minum sesuai Sunnah di SMA Islam Al-Falah Abu Lam U masih jarang dilakukan. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti masih terlihat makan dan minum dengan menggunakan tangan kiri, makan dan minum sambil berdiri, makan masih menggunakan sendok, dll. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islami pada mata pelajaran Biologi dan Hadist berkaitan dengan etika makan dan minum sesuai Sunnah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengetahuan siswa pada mata pelajaran biologi dan Hadist, untuk mengetahui perilaku siswa terhadap etika makan dan minum sesuai Sunnah dan untuk mengetahui hubungan pengetahuan siswa pada matapelajaran Biologi dan Hadist terhadap etika makan dan minum sesuai Sunnah di SMA Islam Al-Falah Abu Lam U. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Asosiatif dengan jenis penelitian kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Islam Al-Falah Abu Lam U, sedangkan sampel penelitian adalah kelas XIc yang terdiri dari 25 siswa yang diambil secara Purposive sampling. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan tes untuk mengetahui pengetahuan siswa dan observasi untuk mengamati perilaku siswa terhadap etika makan dan minum sesuai Sunnah.Data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis Korelasi Product Moment. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan siswa pada mata pelajaran Biologi digolongkan dalam tiga kategori sangat baik (56%), baik (28%) dan cukup (16%).Pengetahuan siswa pada mata pelajaran Hadist digolongkan dalam tiga kategori sangat baik (44%), baik (44%) dan cukup (12%). Pengetahuan siswa pada mata pelajaran Biologi dan Hadist digolongkan dalam dua kategori sangat baik (48%) dan baik (52%). Perilaku siswa terhadap etika makan dan minum sesuai Sunnah digolongkan dalam dua kategorisangatbaik (18%) dan baik (7%).Pengetahuan siswa pada matapelajaran Biologi dan Hadist terhadap Etika makan dan minum sesuai Sunnah di SMA Islam Al-Falah Abu Lam U memiliki hubungan yang signifikanya itu hitung lebih besar darir tabel (0,629 ≥ 0,413).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Ismail Anshari, MA; 2. Zuraidah, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Siswa, Etika Makan dan Minum, Mata Pelajaran Biologi, Sunnah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X5 Akhlak dan Tasawuf > 2X5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ariska Ariska
Date Deposited: 28 Dec 2018 09:51
Last Modified: 06 Feb 2019 04:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6105

Actions (login required)

View Item
View Item