Penerapan Metode Simulasi Taman Sirkulasi Berbasis Bioedutainment pada Materi Sistem Peredaran Darah di SMP Negeri 3 Gunung Meriah

Ainun Mardiah, 281324847 (2018) Penerapan Metode Simulasi Taman Sirkulasi Berbasis Bioedutainment pada Materi Sistem Peredaran Darah di SMP Negeri 3 Gunung Meriah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang  Metode Simulasi Taman Sirkulasi Berbasis Bioedutainment]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Simulasi Taman Sirkulasi Berbasis Bioedutainment)
Ainun Mardiah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang  Metode Simulasi Taman Sirkulasi Berbasis Bioedutainment]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Simulasi Taman Sirkulasi Berbasis Bioedutainment)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (225kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di SMP Negeri 3 Gunung Meriah belum maksimal dalam menggunakan metode pembelajaran. Metode pembelajaran belum diterapkan sama sekali oleh guru bidang studi Biologi. Selama proses pembelajaran berlangsung, siswa terlihat tidak aktif dan hanya beberapa siswa yang bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru, menurut siswa pelajaran Sains adalah pembelajaran yang membosankan. Hal inilah yang menyebabkan siswa cenderung pasif, sehingga berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa yang tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode simulasi taman sirkulasi berbasis bioedutaiment terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Gunung Meriah pada materi sistem peredaran darah. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi ekspriment. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII.4. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan soal tes. Analisis data aktivitas siswa menggunakan rumus persentase, sedangkan peningkatan hasil belajar menggunakan rumus N-Gain. Hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata hasil aktivitas siswa tergolong baik pada pertemuan pertama 76%, dan pertemuan kedua 84,6%. Hasil perhitungan uji statistik diperoleh nilai thitung = 18,31 harga t dengan taraf signifikan α = 0,05 sedangkan ttabel = 1,71714 sehingga thitung ≥ ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Simulasi Taman Sirkulasi Berbasis Bioedutaiment Pada Materi Sistem Peredaran Darah di SMP Negeri 3 Gunung Meriah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Zuraidah, M.Si. 2. Eva Nauli Taib, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Simulasi Taman Sirkulasi Berbasis Bioedutaiment, Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa, Sistem Peredaran Darah.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ainun Mardiah
Date Deposited: 04 Jan 2019 09:45
Last Modified: 10 Apr 2019 10:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6162

Actions (login required)

View Item
View Item