Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Pembinaan Perilaku Konformitas Siswa di MAN 2 Banda Aceh

Di. Waisul Ambia, 271223065 (2018) Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Pembinaan Perilaku Konformitas Siswa di MAN 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Peran Guru Bimbingan Konseling]
Preview
Text (Membahas tentang Peran Guru Bimbingan Konseling)
Di. Waisul Ambia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Pembinaan Perilaku Konformitas Siswa]
Preview
Text (Membahas tentang Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Pembinaan Perilaku Konformitas Siswa)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Guru dan siswa adalah dua elemen yang tidak bisa dipisahkan antara satu sama lain di lingkungan madrasah. Peran guru dalam menyalurkan nilai-nilai pendidikan kepada siswa di madrasah sangat menentukan arah karakter siswasiswanya ke depan. Dan menyangkut pembinaan perilaku konformitas siswa itu sangat bergantung kepada layanan yang diberikan oleh guru bimbingan konseling di madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Kinerja guru bimbingan konseling dalam pembinaan perilaku konformitas siswa di MAN 2 Banda Aceh, 2) kondisi perilaku konformitas siswa di MAN 2 Banda Aceh, 3) Peran guru bimbingan konseling dalam pembinaan perilaku konformitas siswa di MAN 2 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan bersifat kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, dan 2 orang guru BK MAN 2 Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, kinerja guru bimbingan dan konseling MAN 2 Banda Aceh cukup aktif dan profesional dalam menjalankan fungsi-fungsi bimbingan konseling. Kedua, kondisi perilaku konformitas siswa MAN 2 Banda Aceh pada umumnya lebih mengarah kepada perilaku positif dimana perilaku siswa masih terkontrol dan terarah oleh keberadaan guru BK. Ketiga, peran guru bimbingan konseling terlaksana dengan baik yang mencakup peran sebagai motivator, inisiatof, informator, korektor, dan inspirator bagi siswa MAN 2 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Mumtazul Fikri, M.A 2. Nurussalami, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Bimbingan Konseling, Konformitas, Pembinaan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Di. Waisul Ambia
Date Deposited: 15 Feb 2019 09:48
Last Modified: 15 Feb 2019 09:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6507

Actions (login required)

View Item
View Item