Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis di Kelas XI SMAN 12 Banda Aceh

Asyerin Maria Ulfah, 140204082 (2018) Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis di Kelas XI SMAN 12 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (588kB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Asyerin Maria Ulfah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika disebabkan oleh beberapa hal, diantaranyakarena pembelajaran yang dilaksanakan di kelas pada umumnya lebih menekankan pada aspek kognitif saja sedangkan afektif dan psikomotriknya terabaikan, sehingga siswa menjadi enggan belajar fisika karena menganggap bahwa fisika merupakan pelajaran yang sulit.Penulis telah melakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk: 1)Untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di kelas XI SMAN 12 Banda Aceh, 2) Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswaterhadapmodel pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi fluida statis di kelas XI SMAN 12 Banda Aceh, 3) Untuk mengetahui respon siswaterhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi fluida statis di kelas XI SMAN 12 Banda Aceh.Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen yang dipilih secara purposive sampling. Dengan sampel kelas eksperimen (XI IPA II) dan kelas kontrol (XI IPA I).pengumpulan data dengan instrumen tes yaitu soal tes, lembar observasi dan angket siswa. Dari data yang diperoleh melalui soal tes yang dianalisis dengan menggunakanUji-t,hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, hal ini dikarenakan nilai thitung> ttabel yaitu 2,04>1,68. Selain itu, melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing aktivitas siswa lebih meningkat dan mendapat respon yang sangat baik dari siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbingdapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis kelas XI SMAN 12Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Fitriyawany, M. Pd 2.Hafizul Furqan, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Peserta Didik, Materi Fluida Statis.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Asyerin Maria Ulfah
Date Deposited: 18 Feb 2019 09:54
Last Modified: 18 Feb 2019 10:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6573

Actions (login required)

View Item
View Item