Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Suhu dan Kalor Di SMAN 2 Sigli

hayatun nufus, 140204169 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Suhu dan Kalor Di SMAN 2 Sigli. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Model Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar]
Preview
Text (Model Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar)
PDF GABUNGAN HAYATUN NUFUS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of FORM B DAN D HAYATUN NUFUS.pdf]
Preview
Text
FORM B DAN D HAYATUN NUFUS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (640kB) | Preview

Abstract

Minimnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran menjadi penyebab utama rendahnya hasil belajar. Keadaan peserta didik yang cenderung pasif, hanya datang duduk diam dan mencatat materi yang disampaikan oleh guru menjadi penyebab rendahnya nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah melalui model pembelajaran Inquiry Training. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Inquiry Training terhadap hasil belajar peserta didik dan respon peserta didik pada Materi Suhu dan Kalor di kelas XI SMAN 2 Sigli. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan Non-equivalent Control Group Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling yang melibatkan dua kelas yaitu XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui soal tes sebanyak 20 soal objektif dan angket respon peserta didik sebanyak 15 pernyataan. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t dan hasil penelitian menunjukkan bahwa tabel hitung tt
> yaitu 1,80 > 1,68 pada taraf signifikan 95% yang berarti H a diterima. Respon peserta didik yang didapatkan juga cukup baik dimana peserta didik yang memilih s angat tidak setuju (STS) = 5%, tidak setuju (TS) = 5%, setuju (S) = 36% dan sa ngat setuju (ST) 27%. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembe lajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar peserta didik pada Materi Su hu dan Kalor kelas XI SMAN 2 Sigli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing: 1. Fitriyawany, M.Pd 2. Fera Annisa, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Model Inquiry Training, Hasil Belajar, Suhu dan Kalor
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Hayatun Nufus
Date Deposited: 10 Apr 2019 02:10
Last Modified: 10 Apr 2019 02:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6900

Actions (login required)

View Item
View Item