Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Materi Hukum Newton Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas X SMAN I Blangpegayon Kabupaten Gayo Lues

Syamidar, 140204073 (2019) Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Materi Hukum Newton Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas X SMAN I Blangpegayon Kabupaten Gayo Lues. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar]
Preview
Text (Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar)
WORD GABUNGAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of FORM B dan Form D.pdf]
Preview
Text
FORM B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMAN 1 Blangpegayon Kab. Gayo Lues terlihat masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dan lemah dalam menguasai konsep-konsep fisika, sehingga hal ini berpengaruh pada nilai akhir siswa yang belum mencapai KKM yaitu 70%. Untuk mengatasi kondisi tersebut, salah satu cara adalah dengan menerapkan model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Materi Hukum Newton dapat Meningkatkan Hasil Belajar siswa di Kelas X SMAN 1 Blangpegayon Kab. Gayo Lues. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan nonequivalent control group design. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA2 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA1 sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan melalui soal tes, dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa nilai rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 52,1 sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 80,94. Nilai N-Gain rata-rata kelas kontrol didapatkan 0,29 artinya mencapai kriteria N-Gain rendah sedangkan N-Gain kelas eksperimen didapatkan 0,69 artinya mencapai kriteria N-Gain sedang. Oleh karena itu terlihat bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi Hukum Newton di kelas X SMAN 1 Blangpegayon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Soewarno S, M.Si 2. Fera Annisa M.Sc
Uncontrolled Keywords: Tipe Numbered Heads Together, Hasil Belajar Siswa, Hukum Newton.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Syamidar 140204073
Date Deposited: 12 Jun 2019 07:53
Last Modified: 12 Jun 2019 07:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6953

Actions (login required)

View Item
View Item