Peningkatan Kesadaran Metakognitif pada Materi Pesawat Sederhana melalui Model Problem Based Learning (PBL) di SMP Negeri 4 Banda Aceh

Mazidah, 140204042 (2019) Peningkatan Kesadaran Metakognitif pada Materi Pesawat Sederhana melalui Model Problem Based Learning (PBL) di SMP Negeri 4 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Kesadaran Metakognitif melalui Model PBL]
Preview
Text (Membahas tentang Kesadaran Metakognitif melalui Model PBL)
Mazidah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan di SMPN 4 Banda Aceh bahwa masih kurangnya variasi model yang di terapkan di dalam proses pembelajaran. Ketika proses pembelajaran berlangsung ada beberapa peserta didik yang aktif akan tetapi juga banyak peserta didik yang pasif dan peserta didik kurang mengembangkan potensi berpikirnya. Adanya keterlambatan mengumpulkan tugas yang diberikan guru dan adanya peserta didik yang tidak mempersiapkan buku-buku pelajaran yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari di kelas merupakan bagian dari ciri kemampuan metakognitif yang masih rendah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kesadaran metakognitif peserta didik pada materi pesawat sederhana melalui model Problem Based Learning (PBL) di SMPN 4 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis dengan menggunakan rumus N-Gain. Hasil penelitian ditemukan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan kesadaran metakognitif peserta didik pada materi pesawat sederhana. Hal ini di dukung dari analisis N-Gain yaitu peningkatan kesadaran metakognitif peserta didik yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest melalui angket MAI maka termasuk kedalam kategori sedang yaitu 0,48. Nilai ini menunjukkan melalui model PBL terdapat peningkatan kesadaran metakognitif peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Prof. Dr. Yusrizal, M.Pd 2. Hadi Kurniawan, M.Si
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Kesadaran Metakognitif
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Mazidah Mazidah
Date Deposited: 10 Apr 2019 08:00
Last Modified: 10 Apr 2019 08:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6971

Actions (login required)

View Item
View Item