Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga Sederhana terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Fluida Statis di MAN 3 Aceh Selatan

Dian Rahmawati, 140204075 (2019) Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga Sederhana terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Fluida Statis di MAN 3 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Hasil Belajar melaui Model PBL Berbantuan Alat Peraga Sederhana]
Preview
Text (Membahas tentang Hasil Belajar melaui Model PBL Berbantuan Alat Peraga Sederhana)
Dian Rahmawati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (953kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik untuk mata pelajaran Fisika pada materi fluida statis dan pendidik jarang menggunakan alat peraga pada waktu proses belajar mengajar berlangsung menjadi masalah utama di MAN 3 Aceh Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan alat peraga sederhana terhadap hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis dan respon terhadap model dan alat peraga sederhana tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Postest Desing. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, dimana teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sample penelitian ini adalah kelas XI IPA di MAN 3 Aceh Selatan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda dan lembar angket. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan 2 cara, pertama menggunakan data sekunder, diambil dari tiga nilai ujian harian peserta didik sebelumnya. Kedua data primer, berupa tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) serta lembar angket. Teknik analisis data pada uji hipotesis dan lembar angket yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS versi 20.0. Dari hasil analisis uji hipotesis data diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa adanya pengaruh model Problem Based Learning berbantuan alat peraga sederhana terhadap hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis di MAN 3 Aceh Selatan, dan pada angket respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran fisika melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan alat peraga sederhana tergolong kategori baik sekali dengan nilai rata-rata persentase diatas 86%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Muliadi, S.Ag., M.Ag 2. Sri Nengsih, S.Si., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Alat Peraga Sederhana, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Dian Rahmawati Dian
Date Deposited: 10 Apr 2019 07:28
Last Modified: 10 Apr 2019 07:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6973

Actions (login required)

View Item
View Item