Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning di Kelas VIII SMP Negeri 1 Simpang Kanan Aceh Singkil

Sarmiati, 140205129 (2019) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning di Kelas VIII SMP Negeri 1 Simpang Kanan Aceh Singkil. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Form B dan Form D - Sarmiati.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D - Sarmiati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi - Sarmiati.pdf]
Preview
Text
Skripsi - Sarmiati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan, baik permasalahan matematika maupun permasalahan yang terkait dalam kehidupan. Namun pada kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 1 Simpang Kanan masih tergolong rendah. Karena masih banyak siswa yang tidak bisa menyelesaikan pemecahan masalah yang diberikan oleh guru. Sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Model Problem Based Learning merupakan suatu model yang berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model problem based learning dan yang diajarkan dengan model konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain control group pretest-posstes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Simpang Kanan Aceh Singkil. Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pre-tess dan posstess. Cara pengolahan data dengan menggunakan uji-t, karena data kemampuan pemecahan masalah merupakan data ordinal, maka terlebih dahulu datanya dikonversikan kedata interval dengan menggunakan MSI (Method Succesive Interval). Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan uji-t hipotesis, maka diperoleh thitung = 4,275 dan ttabel = 1,68 atau thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkn bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan modl konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Erni Maidiyah, M.Pd 2. Cut Intan Salasiyah, S. Ag. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Sar miati
Date Deposited: 15 May 2019 03:58
Last Modified: 15 May 2019 03:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7107

Actions (login required)

View Item
View Item