Peningkatan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Melalui Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Materi Fluida Statis di Kelas XI MAN 1 Aceh Besar

Lenny Erwina, 140204177 (2019) Peningkatan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Melalui Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Materi Fluida Statis di Kelas XI MAN 1 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Model Cooperative Learning Tipe  Jigsaw]
Preview
Text (Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw)
SKRIPSI GABUNG LENNY.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of FORM B, FORM D LENNY.pdf]
Preview
Text
FORM B, FORM D LENNY.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (666kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi pada pembelajaran fisika khususnya materi Fluida Statis di MAN 1 Aceh Besar, proses pembelajaran didominasi oleh guru dengan menerapkan metode ceramah dalam penyampain materi sehingga membuat peserta didik merasa bosan dan jenuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif dan respon peserta didik menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental, yang melibatkan kelas kontrol XI MIA2 yang berjumlah 25 siswa/i dan kelas eksperimen XI MIA3 yang berjumlah 26 siswa/i. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes berpa pilihan ganda dan respon berupa angket. Data hasil tes dianalisis dengan mengguanakan rumus uji-t dan data dari hasil respon peserta didik menggunakan analisis deskriptif (persentase). Hasil penelitian uji statistik menunjukan bahwa (1) ada peningkatan kemampuan kognitif peserta didik pada materi fluida statis menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw terhadap di MAN 1 Aceh Besar. Hal ini dapat dilihat dengan hasil belajar posttest peserta didik pada kelas eksperimen 79,65% lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol 68,40%. (2) adanya perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dapat dilihat dari hasil tabel hitung tt  yaitu 2,80 > 1,67 untuk taraf signifikan 95% dan 05 ,0  , sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. (3) dari hasil respon peserta didik terhadap penggunaan model cooperative learning tpe jigsaw dengan pernyataan positif kriteria Sangat Setuju (SS) 28,3% dan Setuju (S) 43,38%, sedangkan pada pernyataan negatif kriteria Sangat Tidak Setuju (STS) 25,2% dan Tidak Setuju (TS) 61,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan kognitif peserta didik pada kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan dengan kelas kontrol. Respon peserta didik terhadap pelajaran fisika dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw pada materi fluida statis menunjukkan hasil positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Khairiah Syahabuddin, M.HSc.ESL., M.TESOL., Ph.D 2. Mulyadi Abdul Wahid, M. Sc
Uncontrolled Keywords: Jigsaw, Fluida Statis, Kemampuan Kognitif
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Lenny Erwina
Date Deposited: 22 Apr 2019 03:04
Last Modified: 22 Apr 2019 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7131

Actions (login required)

View Item
View Item