Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa SMP/MTs Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Adinda Amalia Silmina, 140205048 (2019) Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa SMP/MTs Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Peningkatan Kemampuan Pemodelan Matematika melalui Model PBL]
Preview
Text (Membahas tentang Peningkatan Kemampuan Pemodelan Matematika melalui Model PBL)
Skripsi Adinda Amalia Silmina 140205048.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Peningkatan Kemampuan Pemodelan Matematika melalui Model PBL]
Preview
Text (Membahas tentang Peningkatan Kemampuan Pemodelan Matematika melalui Model PBL)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (150kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemodelan matematika sangat diperlukan dalam menyelesaikan masalah-masalah kontekstual. Ketika menyelesaikan masalah-masalah kontekstual siswa tidak dapat menyelesaikan masalah secara tuntas karena tidak memahami soal dan tidak dapat mengubah masalah ke dalam model matematika. Oleh karena itu diperlukannya proses belajar mengajar dengan menerapkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemodelan matematika siswa yaitu dengan menerapkan model PBL. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemodelan matematika siswa SMP/MTs setelah diajarkan dengan model PBL. (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemodelan siswa SMP/MTs yang diajarkan dengan menerapkan model PBL lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan pemodelan matematika siswa yang diajarkan dengan non model PBL. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen jenis Quasi Eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Grup. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Lam Ujong. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik random sampling dengan kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri dari perangkat pembelajaran dan lembar tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang terdiri dari pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan kemampuan pemodelan matematika siswa SMP/MTs dan peningkatan kemampuan pemodelan matematika siswa SMP/MTs yang diajarkan dengan menggunakan model PBL lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan pemodelan matematika siswa SMP/MTs yang diajarkan dengan non model PBL

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Zainal Abidin, M.Pd. 2. Zikra Hayati, S.Pd.I, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pemodelan Matematika, Model PBL,
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Adinda Amalia Silmina
Date Deposited: 23 Apr 2019 07:09
Last Modified: 23 Apr 2019 07:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7200

Actions (login required)

View Item
View Item