PENGGUNAAN MEDIA VIRTUAL LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI PADA KONSEP FLUIDA STATIS DI MAN 3 KOTA BANDA ACEH

Fajarul Nasrijal, 140204064 (2019) PENGGUNAAN MEDIA VIRTUAL LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI PADA KONSEP FLUIDA STATIS DI MAN 3 KOTA BANDA ACEH. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Skripsi - Fajarul Nasrijal.pdf]
Preview
Text
Skripsi - Fajarul Nasrijal.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas XI MAN 3 Kota Banda Aceh diperoleh permasalahan bahwa kesulitan belajar fisika yang dihadapi oleh peserta didik salah satunya disebabkan karena kurangnya fasilitas belajar mengajar disekolah tersebut sehingga pemahaman peserta didik tidak leluasa untuk memahami. Hal ini dapat dilihat dari hasil ulangan yang didapat peserta didik dengan rata-rata sebesar 50, dan nilai tersebut masih dibawah nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka diperlukan media pembelajaran yang sesuai dengan konsep fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media virtual laboratory untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis di Kelas XI MAN 3 Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Quasi Eksperimen, sedangkan desainnya adalah Pre-test and Post-test Control Group Desain yang dilaksanakan di MAN 3 Kota Banda Aceh. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XIMAN 3 Kota Banda Aceh semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga diperoleh kelas XI MIA 2 yang berjumlah 27 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3 yang berjumlah 25 peserta didik sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan tes objektif dalam bentuk pilihan ganda. Analisis data menggunakan Uji-t dua sampel independen, diperoleh hasil skor rata-rata posttest kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan rata-rata skor posttest kelas control dengant hitung> ttabel yaitu 2,45> 1,67 pada taraf signifikan 95%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Yusran, M.Pd 2. Yeggi Darnas,S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Virtual laboratory, Fluida Statis, hasil belajar, pre-test dan post-test, Kelas XI MAN 3 Kota Banda Aceh
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Fajarul Nasrijal
Date Deposited: 29 Apr 2019 08:20
Last Modified: 29 Apr 2019 08:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7429

Actions (login required)

View Item
View Item