Penerapan Model Two Stay Two Stray Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi Kelas IV MIS Balohan Ie Meulee Sabang

Mulyana, 140209037 (2019) Penerapan Model Two Stay Two Stray Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi Kelas IV MIS Balohan Ie Meulee Sabang. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Membahas tentang model pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang model pembelajaran)
MULYANA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of FORM B DAN FORM D - MULYANA.pdf]
Preview
Text
FORM B DAN FORM D - MULYANA.pdf

Download (934kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa kelas IV MIS Balohan Ie Meulee Sabang terlihat rendahnya hasil belajar yang diperoleh oleh siswa, disebabkan kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam belajar seperti diskusi bersama antar siswa dan guru, serta kurangnya penerapan model pembelajaran yang dapat menunjang keaktifan siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimanakah aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Two Stay Two Stray pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi di Kelas IV MIS Balohan Ie Meulee Sabang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa selama mengikuti pembelajaran. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar soal tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I memperoleh persentase 67,30% (baik), dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 89,06% (sangat baik). Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 63,88% (baik) dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,36% (sangat baik). Sedangkan hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I hanya 15 siswa yang tuntas dengan nilai 57,69% dan yang tidak tuntas 11 siswa dengan nilai 42,30%. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 23 siswa mencapai ketuntasan dengan nilai 88,46% dan 3 siswa tidak tuntas dengan nilai 11,53%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Additional Information: Pembimbing 1. Misbahul Jannah, M.Pd,Ph.D 2. Nida Jarmita, S.Pd.I,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Two Stay Two Stray, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: 140209037 Mulyana
Date Deposited: 29 Apr 2019 08:19
Last Modified: 27 May 2019 06:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7443

Actions (login required)

View Item
View Item