Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreativitas Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis Di SMA Negeri 2 Delima Kabupaten Pidie

Maizar Azha, 140204041 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreativitas Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis Di SMA Negeri 2 Delima Kabupaten Pidie. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kreativitas]
Preview
Text (Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kreativitas)
MAIZAR AZHA PDF.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (107kB) | Preview

Abstract

Rendahnya Kreativitas peserta didik dalam mata pelajaran fisika pada materi Fluida Statis di SMA Negeri 2 Delima. Hal ini dikarenakan guru sudah menerapkan metode pembelajaran sebagai upaya meningkatkan kreativitas siswa, akan tetapi masih ada langkah-langkah pembelajaran yang belum terjalankan dalam proses pembelajaran berlangsung dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Salah satu solusinya adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang mendukung kreativitas siswa, dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang sesuai dengan sintaks model tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kreativitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian True Eksperimental dengan rancangan penelitian Post-test only design control- group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik XI IPA dan yang menjadi sampel yaitu kelas XI IPA1 dan kelas XI IPA2. Sampel penelitian yang dipilih secara Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rubrik observasi kreativitas peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa rubrik observasi kreativitas peserta didik yang diisi langsung oleh observer. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian dari uji statistik menunjukan bahwa > yaitu 16,48 > 1,67 untuk taraf signifikan 95% dan α = 0,05 Sehingga hipotesis Ha diterima. Maka dapat disimpulkan adanya pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL)dibandingkan pembelajaran yang diajar menggunakan model konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Misbahul Jannah, M.Pd, Ph.D 2. Fera Annisa, M,Sc.
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning (PjBL), Kreativitas, Fluida Statis.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Maizar Azha
Date Deposited: 30 Apr 2019 07:45
Last Modified: 30 Apr 2019 07:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7495

Actions (login required)

View Item
View Item