Pengaruh Model Pembelajaran Kepala Bernomor Terstruktur Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Smp N 1 Suro Kabupaten Aceh Singkil

Suriana Br Berutu, 140205038 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kepala Bernomor Terstruktur Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Smp N 1 Suro Kabupaten Aceh Singkil. Skripsi thesis, Uin Arraniry.

[thumbnail of FORM BD BR.pdf]
Preview
Text
FORM BD BR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (955kB) | Preview
[thumbnail of ALL IN.pdf]
Preview
Text
ALL IN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Menurut Mulyani Sumantri dan Permana mendefisinikan “pemahaman konsep adalah individu mampu menyebutkan kesamaan-kesamaan dan perbedaan-perbedaan dari contoh-contoh yang menyajikan informasi tentang karakteristik dan nilai atribut dari konsep, kemudian dirumuskan kembali tentang konsep itu”. dengan demikian, pemahaman konsep adalah mampu menangkap arti serta mampu menjelaskan konsep-konsep dari suatu materi pelajaran. partisipasi siswa dalam mengemukakan ide-ide selama proses pembelajaran berlangsung sangat kurang. Sebagian besar siswa hanya mendengarkan,mencatat penjelasan guru serta kurang aktif dalam proses belajar mengajar, terutama dalam kegiatan diskusi dan tanya jawab, hasil observasi juga menunjukkan sebagian besar siswa melakukan kegiatan sendiri seperti mengobrol dengan teman dan memainkan alat tulis, hanya sebagian kecil yang sering menjawab pertanyaan guru dan bertanya jika ada kesulitan dalam belajar dan pada saat diberikan latihan, sebagian siswa hanya menunggu dan menyalin jawaban dari temannya karena kurangnya rasa tanggung jawab siswa terhadap tugas yang diberikan oleh guru. Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu pemahaman konsep matematika adalah model pembelajaran Kepala Bernomor Terstruktur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan Pemahaman Konsep Matematika setelah diterapkan model Kepala Bernomor Terstruktur pada siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain One-group Pretest and Posttest Design. Sampel penelitian terdiri dari 23 siswa kelas eksperimen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan Pemahaman Konsep Matematika siswa. Dengan menggunakan uji t one sample uji pihak kanan diperoleh thitung= 9,32 dan ttabel =1,72. Maka thitung > ttabel, hal ini berarti terima H1 tolak H0. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Kepala Bernomor Terstruktur terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Suriana Br Berutu
Date Deposited: 14 May 2019 07:39
Last Modified: 14 May 2019 07:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7828

Actions (login required)

View Item
View Item