Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Pada Materi Ikatan Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya

Elmanianti, 140208109 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Pada Materi Ikatan Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC))
ELMANIANTI UPLOAD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of FORM B DAN FORM D.pdf]
Preview
Text
FORM B DAN FORM D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Cooperative Integrated Reading and Composition merupakan komposisi terpadu membaca dan menulis secara kooperatif (kelompok), yakni membaca materi yang dibelajarkan dari berbagai sumber dan selanjutnya menuliskannya ke dalam bentuk tulisan yang dilakukan secara kelompok. Atom-atom bergabung karena adanya gaya tarik-menarik antara dua atom. Gaya tarik menarik antar atom inilah yang disebut ikatan kimia. Permasalahan yang dialami siswa pada materi ikatan kimia adalah rendahnya hasil belajar siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhmodel pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap hasil belajar siswa danrespon siswa. Rancangan penelitian Quasi Experiment. Teknik pengambilan sampel Cluster Sampling.Pengujian hipotesis berdasarkan hasil Independent Sample t-Test dengan nilai sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima.Siswa memiliki respon baik terhadap pembelajaran dengan hasil persentase respon siswa pada pilihan “Ya”= 95,06% dan pada pilihan ” yang menyatakan siswa sangat tertarik dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) adanya pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Azhar Amsal, M.Pd 2. Haris Munandar, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Hasil Belajar, Ikatan Kimia
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Elmanianti
Date Deposited: 17 May 2019 01:23
Last Modified: 17 May 2019 01:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7897

Actions (login required)

View Item
View Item