Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Di SMK Darul Ihsan

Cut Naula Mauliza, 140212026 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Di SMK Darul Ihsan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital)
CUT NAULA MAULIZA UPLOADDD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas X masih rendah, disebabkan karna model pembelajaran guru yang konvensional dan media yang sudah sering digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan rancangan penelitian one group pretest-posttest. Dengan cara menerapkan model pembelajran Problem Based Learning (PBL). Sebelum dan setelah siswa menggunakan model pembelajaran tersebut peneliti memberikan test berupa latihan Pretest-Posttest dan angket respon untuk melihat seberapa besar Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Simulasi Komunikasi Digital Di SMK Darul Ihsan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini buktikan dari hasil pretest siswa sebesar 42.89% dibandingkan dengan hasil posttest sebesar 78.32% . Kemudian dilihat dari pengaruh penimgkatan N-Gain, 40% dari responden mengalami peningkatan hasil belajar kategori tinggi, 44% termasuk kedalam kategori sedang, sementara 16% lainnya termasuk kedalam kategori rendah. Maka disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas X di SMK Darul Ihsan. Dari hasil respon siswa menunjukan bahwa penerapan model pembelajran Problem Based Learning (PBL) lebih diminati oleh siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil respon siswa yang menjawab pernyatan positif sebanyak 88% sedangkan yang menjawab pernyataan negatif sebanyak 12%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Yusran M.Pd 2. Hendri Ahmadian S.Si,. M.IM
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Simulasi dan komunikasi digital, hasil belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Cut Naula Mauliza
Date Deposited: 31 May 2019 04:07
Last Modified: 31 May 2019 04:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8089

Actions (login required)

View Item
View Item