Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Babul Maghfirah Aceh Besar

Popie Rahmah, 261324641 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Babul Maghfirah Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining)
POPIE RAHMAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of FORM B FORM D.pdf]
Preview
Text
FORM B FORM D.pdf

Download (804kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu dari lima kompetensi yang harus dimiliki siswa. Melalui kemampuan komunikasi matematis siswa dilatih untuk menjelaskan, menggambarkan, mendengar, menanyakan, bekerjasama, berbagi ide dan mengekspresikan gagasan-gagasan yang mereka pahami. Oleh karena itu kemampuan komunikasi matematis mempunyai peranan penting dalam pembelajaran matematika yang harus dikembangkan. Namun, kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Babul Maghfirah Aceh Besar masih rendah, yang berdampak pada hasil belajar siswa dan pada saat siswa mengaplikasikan konsep yang ia pahami untuk menyelesaikan masalah sehari-hari. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah dengan penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimen dengan desain penelitiannya yaitu One group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Babul Maghfirah Aceh Besar tahun ajaran 2018/2019, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VII-1 yang terdiri dari 26 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes kemampuan komunikasi matematis. Analisis data menggunakan uji perbedaan rerata dengan menggunakan uji statistik T (independent sample t-test). Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh bahwa adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP setelah diterapkannya model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Hasil penelitian menunjukkan thitung =10,73 dan ttabel =1,71 atau t_hitung>t_tabel sehingga H0 di tolak, yang disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dra. Erni Maidiyah, M.Pd 2. Cut Intan Salasiyah, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Popie Rahmah Popie
Date Deposited: 18 Jun 2019 08:08
Last Modified: 18 Jun 2019 08:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8210

Actions (login required)

View Item
View Item