Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa SMP/MTs

Melya Rahmi, 140205019 (2019) Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Kemampuan Representasi Matematis dengan Model Problem Based Learning]
Preview
Text (Membahas Kemampuan Representasi Matematis dengan Model Problem Based Learning)
Melya Rahmi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (27MB) | Preview

Abstract

Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam mempelajari matematika agar mampu menyampaikan ide-ide matematis dan berbagai permasalahan matematika ke dalam berbagai bentuk, gambar, tabel, grafik, model matematika maupun kata-kata sehingga dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dalam matematika. Salah satu alternatif yang dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis terhadap pembelajaran matematika adalah dengan penerapan model Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa setelah diterapkan Model Problem Based Learning, (2) untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diterapkan Model Problem Based Learning dan yang diterapkan Pembelajaran Konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Pretest-Postest Control Group Design. Sampel penelitian ini terdiri 27 siswa kelas eksperimen dan 28 kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini diambil secara simple random sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan tes kemampuan representasi matematis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis dengan nilai rata-rata N-Gain nya 0.43 yang tergolong “sedang”, dan berdasarkan uji paired sampel t test diperoleh thitung > ttabel atau 21,11 > 1,71. Sehingga kemampuan representasi matematis meningkat secara signifikan (2) Berdasarkan uji t sampel independent nilai thitung > ttabel atau 7,00 > 1,675. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang dibelajarkan model Problem Based Learning lebih baik dari kemampuan representasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Melya Rahmi Melya
Date Deposited: 21 Jun 2019 07:46
Last Modified: 21 Jun 2019 07:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8270

Actions (login required)

View Item
View Item