Sistem Pembinaan Santri Bermasalah Pada Pesantren Al-Mujaddid Cot Ba’u Kota Sabang Ditinjau dari Prinsip-Prinsip Bimbingan Islami

Nurvita Yani, 421307200 (2019) Sistem Pembinaan Santri Bermasalah Pada Pesantren Al-Mujaddid Cot Ba’u Kota Sabang Ditinjau dari Prinsip-Prinsip Bimbingan Islami. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of FULL SKRIPSI NURVITA YANI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI NURVITA YANI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul, Sistem Pembinaan Santri Bermasalah Pada Pesantren Al-Mujaddid Cot Ba’U Kota Sabang Ditinjau dari Prinsip-Prinsip Bimbingan Islami. Masalah dalam penelitian ini adalah pembinaan yang diberikan untuk santri bermasalah berupa pemberian hukuman setelah adanya nasihat. Hukuman ini sudah ada sebelum santri masuk ke pesantren akan tetapi hukuman ini akan dilihat dari prinsip bimbingan Islami. Apakah selama ini pembinaan yang telah diberikan sesuai prinsip bimbingan Islami. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis, yaitu penelitian dengan mengumpulkan data di lapangan dan menganalisa serta menarik kesimpulan dari data tersebut. Dalam pengambilan sampel, penulis menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dari penelitian ini sebanyak 3 responden yang terdiri dari pimpinan pesantren, penanggung jawab bidang pengasuhan putra, penanggung jawab bidang pengasuhan putri. Kemudian, tiga responden diambil dari santri bermasalah yaitu satu dari kelas enam (tiga SMA), satu dari kelas lima (dua SMA), satu dari kelas dua SMP bertujuan untuk mengetahui hasil pembinaan hukuman yang diberikan kepada santri bermasalah. Adapun teknik pengumpulan data penliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti bahwa, prinsip-prinsip bimbingan Islami sudah diterapkan di Pesantren Al-Mujaddid. Akan tetapi, ada beberapa sistem pembinaan santri yang tidak sesuai dengan prinsip bimbingan Islami. Salah satunya contoh pembinaan yang diberikan adalah jika santri berbicara bahasa Indonesia maka akan diberikan bawang putih. Lain halnya dengan hukuman yang diberikan kepada santri putra jika mereka membawa handphone dan tidak shalat berjama’ah maka pembinaan yang diberikan berupa pencukuran rambut. Adapun tujuan dan metode pembinaan umumnya untuk memperbaiki karakter dan membuat santri memiliki rasa tanggung jawab atas perbuatannya. Metode yang digunakan a) melakukan bimbingan b) mengobservasi. c) pengontrolan d) evalusai dan memanggilnya kembali. Berdasarkan hasil wawancara bahwa sistem pembinaan hukuman yang diberikan selama ini sudah memberikan efek jera. Tetapi ternyata efek jera ini hanyalah sementara, santri akan mengulanginya kembali jika keadaan jika keadaan sedang lengah atau tidak terkontrol dari pihak ustazah dan perlunya pembinaan secara lebih untuk mengenal interpersonal dengan melihat latar belakang munculnya masalah pada santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Umar Latif, MA 2. Ismiati, S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, santri, Prinsip-prinsip Bimbingan Islam.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.2019 Psikologi Dakwah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.341 Pesantren
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.38 Pendidikan tinggi (Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi) > 2X7.384 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nurvita Yani Yani
Date Deposited: 24 Jun 2019 08:10
Last Modified: 24 Jun 2019 08:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8324

Actions (login required)

View Item
View Item