Penerapan Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Kelas VIII Di Mtsn 1 Aceh Besar

Maulina Ratna Juwita, 211323828 (2019) Penerapan Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Kelas VIII Di Mtsn 1 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of MAULINA RATNA JUWITA.pdf]
Preview
Text
MAULINA RATNA JUWITA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas VIII di MTsN 1 Aceh Besar merupakan pelajaran yang kurang menarik bagi siswa. Siswa belum termotivasi dalam belajar sehingga hasil belajar siswa belum mencapai ketuntasan. Walaupun guru menggunakan metode belajar diskusi, namun metode yang diterapkan jarang menggunakan media pendukung proses pembelajaran. Penelitian ini menerapkan model Picture and Picture dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis materi sifat tamak. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran Al-Quran Hadis materi sifat tamak di MTsN 1 Aceh Besar, untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis melalui model pembelajaran picture and picture pada kelas VIII-1 MTsN 1 Aceh Besar yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan tes kemampuan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualifikasi aktivitas guru siklus I dengan rata-rata 78.84 termasuk kategori baik dan pada siklus II dengan rata-rata 91.07 yang termasuk kategori sangat baik. Sedangkan Aktivitas siswa pada saat penerapan model picture and picture pada materi sifat tamak adalah baik, yang mana pada siklus I dengan nilai rata-rata 76,92 meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 94.23.(2) Penerapan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Al-Qur’an hadis. Hal ini dibuktikan bahwa ada peningkatan pada ketuntasan hasil belajar siswa, yaitu pada siklus I nilai rata-rata 64%, dan pada siklus II meningkat menjadi 91,66.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Jailani S.Ag,.M.Ag Pembimbing II : Realita, S. Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran picture and picture, meningkatkan hasil belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulina Ratna Juwita Moli
Date Deposited: 26 Jun 2019 01:59
Last Modified: 26 Jun 2019 01:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8353

Actions (login required)

View Item
View Item