Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Tipe STAD Berbantuan Alat Peraga Sederhana terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP

Mawarni Rahayu, 261324609 (2019) Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Tipe STAD Berbantuan Alat Peraga Sederhana terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan  Pembelajaran  Tipe STAD Berbantuan Alat Peraga Sederhana terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP]
Preview
Text (Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Tipe STAD Berbantuan Alat Peraga Sederhana terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP)
SRIPSI MAWARNI RAHAYU.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar matematika siswa masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran berlangsung. Perlu diupayakan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif. Salah satu pembelajaran yang dapat diterapkan pembelajaran model kooperatif tipe STAD berbantuan alat peraga sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran STAD lebih baik dengan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran konvensional. Rancangan penelitiannya quasi eksperiment dengan design pretest posttest group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Seunagan Nagan Raya, sampel kelas VII_2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII_1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dengan menggunakan tes tertulis. Sedangkan pengolahan data menggunakan uji-t. berdasarkan hasil pengolahan data yang diperoleh dari hasil pengolahan statistic uji-t diperoleh t_(hitung )>t_(tabel )yaitu 3,2927>1,68. Maka berarti bahwa hasil belajar siswa lebih baik dengan menggunakan model STAD berbantuan alat peraga sederhana. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model STAD lebih baik daripada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Drs.H.M. Yacoeb, M.Pd. 2. Khusnul Safrina, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model STAD, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Mawarni Rahayu Ayu
Date Deposited: 05 Jul 2019 01:39
Last Modified: 05 Jul 2019 01:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8579

Actions (login required)

View Item
View Item