Penerapan Model Pembelajaran Teman Sejawat (Peer Tutoring) Dalam Pembelajaran MateriI katan Kimia Kelas X SMAN 1 Trumon

Nurhayati, 140208123 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Teman Sejawat (Peer Tutoring) Dalam Pembelajaran MateriI katan Kimia Kelas X SMAN 1 Trumon. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Teman Sejawat 	(Peer Tutoring) Dalam Pembelajaran]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Teman Sejawat (Peer Tutoring) Dalam Pembelajaran)
PDF DIGABUNG KESELURUHAN ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kimia merupakan pembelajaran sains yang dianggap sulit dipahami oleh sebagian besar peserta didik, hal ini menyebabkan minat belajar siswa kurang dalam mata pelajaran kimia. Penomena ini memerlukan kemampuan guru untuk mengelola pembelajaran yang aktif dan menyenangkan bagi siswa. Hal ini dapat ditempuh dengan menerapkan model pembelajaran teman sejawat (peer tutoring) dimana model ini salah satu pendekatan mengajar yang menuntun seorang peserta didik mampu mengajar pada peserta didik lainnya. Rumusan pertanyaan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana aktivitas siswa terhadap penerapan model pembelajaran teman sejawat (peer tutoring) pada materi ikatan kimia? (2) Bagaimana hasil belajar siswa terhadap penerapan model pembelajaran teman sejawat (peer tutoring) pada materi ikatan kimia? (3) Bagaimana respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran teman sejawat (peer tutoring) pada materi ikatan kimia?. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persentase aktivitas siswa siklus I adalah 76,36% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 85,45%. (2) Hasil belajar siswa siklus I dengan persentase sebesar 62,96%, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 81,48%. (3) Respon siswa yang menyatakan sangat setuju sebesar 81,47% dan respon siswa yang menyatakan tidak setuju sebesar 17,03%, hal ini menandakan 81,47% siswa tertarik belajar menggunkan materi ikatan kimia pada model teman sejawat (peer tutoring).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Prof, Dr. Jamaluddin, M. Ed 2. Asnaini,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Teman Sejawat, ikatan kimia, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nurhayati
Date Deposited: 09 Jul 2019 03:53
Last Modified: 09 Jul 2019 03:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8604

Actions (login required)

View Item
View Item