Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) Pada Pembelajaran Fluida Statis dan pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMAN 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar

Lila Sudarna, 140204153 (2019) Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) Pada Pembelajaran Fluida Statis dan pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMAN 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Project Based Learning (PJBL)  Pada Pembelajaran Fluida Statis dan pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMAN 1 Krueng   Barona Jaya Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) Pada Pembelajaran Fluida Statis dan pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMAN 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar)
LILA SUDARNaaA UPLOAD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi pada beberapa sekolah dan hasil wawancara dengan guru bidang studi fisika, khususnya Di SMAN 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar. Proses pembelajaran yang terjadi dikelas didominasi oleh guru dengan menerapkan model ceramah dalam penyampain materi. Hal tersebut menjadikan peserta didik menjadi pasif dan kurang berani dalam mengemukakan pendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan dikarenakan takut salah menjawab pertanyaan, sehingga daya serap peserta didik terhadap materi masih sangat rendah. Pembelajaran fisika sering disajikan dalam bentuk langsung dan masih bersifat satu arah dari pendidik ke peserta didik (teacher oriented). Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui pengaruh Hasil belajar siswa Terhadap penerapan Model Project Based learning (PJBL) Pada pembelajaran Fluida Statis Di SMAN 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar. Model yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan One-group pre-test- post-test design. Yang melibatkan kelas XI MIA3 yang berjumlah 20 siswa/i. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata pret-test kelas XI MIA3 yang diperoleh adalah 34,45 Sedangkan skor rata-rata post-test kelas XI MIA 3 yang diperoleh adalah 60,42. Dan pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan = 19 maka dari distribusi-t diperoleh thitung>ttabel yaitu 11,09> 1,73, sesuai dengan kriteria pengujian maka Ho ditolak atau Ha diterima. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan, maka dapat disimpulkan bahwa. Hal ini menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan anatara rata-rata nilai siswa sebelum dan sesudah Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) Pada Pembelajaran Fluida Statis. Dengan demikian peneliti berkesimpulan bahwa penerapan model Project Based Learning(PJBL) pada pembelajaran Fluida statis Di SMAN 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar Berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Samsul Bahri, M.Pd 2. Hadi Kurniawan, M.Si
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning (PJBL), Fluida Statis, Pengaruh dan Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Lila Sudarna
Date Deposited: 09 Jul 2019 01:58
Last Modified: 09 Jul 2019 01:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8690

Actions (login required)

View Item
View Item