Pengaruh Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri 1 Meukek Aceh Selatan

Nida Urahmah, 140208115 (2019) Pengaruh Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri 1 Meukek Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh  Model  pembelajaran  Problem  Based  Learning  (PBL)  dan  Gaya  Kognitif  Terhadap  Hasil  Belajar  Siswa]
Preview
Text (Pengaruh Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa)
NIDA URAHMAH 2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SMA Negeri 1 Meukek hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM, sedangkan KKM yang telah ditetapkan yaitu 60. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya penggunaan model pembelajaran pada materi yang dibelajarkan kepada siswa. Model Problem Based Learning (PBL) adalah salah satu model yang dapat mempermudah proses pembelajaran khususnya pada materi ikatan kimia dan gaya kognitif merupakan salah satu faktor siswa yang mempengaruhi hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan gaya kognitif terhadap hasil belajar siswa dan respon siswa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) tersebut. Rancangan penelitian adalah Pre-Eksperiment dengan menggunakan desain one shot case study yaitu pada kelompok tunggal tanpa pretes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Meukek Aceh Selatan. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes hasil belajar, tes gaya kognitif dan angket. Dari hasil uji t untuk satu sampel diperoleh nilai signifikan 0,001 < 0,05 maka Ha di terima. Dapat disimpulkan hasil belajar siswa gaya dengan kognitif field independent lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent pada pembelajaran ikatan kimia dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMA Negeri 1 Meukek Aceh Selatan. Hasil respon siswa sebanyak 88,52% maka dapat disimpulkan bahwa siswa-siswi tertarik belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap materi ikatan kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Hilmi, M.Ed 2. Teuku Badlisyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Gaya, Kognitif, Hasil Belajar Ikatan Kimia
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nida Urahmah
Date Deposited: 11 Jul 2019 02:00
Last Modified: 11 Jul 2019 02:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8758

Actions (login required)

View Item
View Item