Kompetensi Pedagogik Guru Al-Qur’an Hadits dalam Penerapan Kurikulum 2013 Versi Revisi di Mtss Babun Najah Ulee Kareng

Risan Nurul Asra, 140201077 (2019) Kompetensi Pedagogik Guru Al-Qur’an Hadits dalam Penerapan Kurikulum 2013 Versi Revisi di Mtss Babun Najah Ulee Kareng. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Kompetensi Pedagogik Guru Al-Quran Hadits]
Preview
Text (Membahas tentang Kompetensi Pedagogik Guru Al-Quran Hadits)
upload.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan salah satu faktor penting dalam implementasi kurikulum 2013 versi revisi. Idealnya suatu kurikulum tanpa ditunjang oleh kemampuan guru maka kurikulum akan tidak bermakna, sebaliknya pembelajaran tanpa kurikulum sebagai pedoman tidak akan efektif. Berdasarkan observasi awal dan wawancara yang telah dilakukan penulis di MTsS Babun Najah Ulee Kareng, penulis menemukan bahwa kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dalam penerapan kurikulum 2013 versi revisi masih belum mencapai standar seperti mana yang diharapkan. Penelitian ini menelaah beberapa permasalahan, Pertama; Bagaimana kompetensi pedagogik guru al-Qur’an hadits dalam penerapan kurikulum 2013 versi revisi di MTsS Babun Najah Ulee Kareng?. Kedua; Apa saja kendala yang dihadapi oleh guru al-Qur’an Hadits dalam penerapan kurikulum 2013 versi revisi di MTsS Babun Najah Ulee Kareng?. Dan bagaimana usaha solutif guru al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dalam penerapan kurikulum 2013 versi revisi di MTsS Babun Najah Ulee Kareng. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa guru Al-Qur’an Hadits sudah baik, dimana guru Al-Qur’an Hadits telah menerapkan kurikulum 2013 versi revisi dengan mencantumkan 4C (mengembangkan kemampuan berfikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama), dan pembelajaran HOST yaitu berfikir tingkat tinggi. Kendala yang dihadapi oleh guru Al-Qur’an Hadits dalam penerapan kurikulum 2013 Versi Revisi di MTsS Babun Najah Ulee Kareng adalah kurangnya sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran yang mendukung kurikulum 2013 versi revisi. Usaha solutif guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan kompetensi pedagogik penerapan kurikulum 2013 versi revisi di MTsS Babun Najah Ulee Kareng di antaranya: mengikuti pelatihan guna untuk meningkatkan kualitas guru dalam proses belajar mengajar terutama tentang kurikulum 2013 versi revisi. Megikuti seminar yang berkaitan dengan kurikulum 2013 versi revisi dan mengikuti Diklat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Jailani, S. Ag., M.Ag. 2. Mashuri, S.Ag, MA.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Kurikulum 2013 Versi Revisi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Risan Nurul Asra Risan
Date Deposited: 12 Jul 2019 07:59
Last Modified: 12 Jul 2019 07:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8864

Actions (login required)

View Item
View Item