Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 1 Kluet Utara

Radika Ulan Sari, 140208091 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 1 Kluet Utara. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar)
RADIKA ULAN SARI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pada proses pembelajaran kimia siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran disebabkan karena kurangnya variasi dalam penerapan model pembelajaran pada materi yang dibelajarkan kepada siswanya. Model Group Investigation adalah salahsatu model yang dapat mempermudah proses pembelajaran khususnya pada materi Ikatan Kimia dan gaya kognitif merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki gaya kognitif field-dependent dengan siswa yang memiliki gaya kognitif field-independent pada pembelajaran Ikatan Kimia dengan menerapkan model Group Investigation di SMA Negeri 1 Kluet Utara. Model dalam penelitian ini yaitu pre-Experimental desaign dengan rancangan yang digunakan adalah kelompok tunggal tanpa pretest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Kluet Utara yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan datadalampenelitian inidilakukanmelaluiteshasil belajardantes gayakognitif.Datahasilpenelitiandianalisisdenganmenggunakanujizkemudiandatagayakognitif dianalisisdenganpersentase.Darihasil ujizdiketahuibahwaadanya pengaruh modelGroup Investigationdan gayakognitif terhadap hasilbelajar siswadiSMA Negeri 1 Kluet Utara pada materi Ikatan Kimia. Hasil ini diperoleh dari nilai-7,9>- 1,64 maka dapat disimpulkan nilai hasil belajar siswa gaya kognitif field-dependent 75% lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki gaya kognitif field-independent 25% pada pembelajaran Ikatan Kimia dengan menerapkan model Group Investigation di SMA Negeri 1 Kluet Utara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Nurbayani M.A 2. Teuku Badliasyah M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Group Investigation, Gaya kognitif,Hasil Belajar,Ikatan Kimia
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Radika Ulan Sari
Date Deposited: 15 Jul 2019 03:59
Last Modified: 15 Jul 2019 03:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8881

Actions (login required)

View Item
View Item