Motivasi Orangtua Memilih Pondok Pesantren sebagai Pembinaan Moral Anak Studi Kasus Wali Santri Darul Ulum

Candra Eliza, 140201073 (2019) Motivasi Orangtua Memilih Pondok Pesantren sebagai Pembinaan Moral Anak Studi Kasus Wali Santri Darul Ulum. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Motivasi Orangtua Memilih Pondok Pesantren sebagai Pembinaan Moral Anak Studi Kasus Wali Santri Darul Ulum]
Preview
Text (Motivasi Orangtua Memilih Pondok Pesantren sebagai Pembinaan Moral Anak Studi Kasus Wali Santri Darul Ulum)
CANDRA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pada saat sekarang ini banyak kita lihat orangtua yang sibuk mencari nafkah, baik itu ayah ataupun ibu. Modern ini, banyak orangtua yang khawatir dengan masa depan anaknya. Hal tersebut karena semakin banyaknya perkelahian antar sekolah, penyalahgunaan narkoba, dan minum-minuman keras dan lain sebagainya. Oleh karena itu banyak orang tua berfikir ulang tentang efektivitas pendidikan umum dalam mengembangkan kepribadian dan moral anak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui apa motivasi orangtua memilih pondok pesantren Darul ‘Ulum sebagai pembinaan moral bagi anak; (2) Mengetahui apa keunggulan yang telah orangtua rasakan selama menyekolahkan anaknya di pondok pesantren; (3) Mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat orangtua dalam menyekolahkan anak di Pondok Pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif yang menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi. Metode pengumpulan datanya antara lain; observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknika analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa pondok pesantren lebih banyak mengajarkan dan membina akhlak anak. Secara umum pondok pesantren sebenarnya juga mengembangkan filsafat hidup yang tampak memiliki kesamaan dengan tujuan pendidikan bangsa ini yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. Selama anak mondok dipesantren banyak perubahan pada anak terutama sekali tentang akhlaknya, karena setiap orangtua mengiginkan anaknya memiliki akhlak yang baik tutur kata yang sopan. faktor pendukungnya “tempat yang sangat strategis dan mutu pendidikan yang sangat baik, Faktor penghambat dari segi tes seleksi masuk sangat susah karena santri yang diterima sedikit dan yang mendaftar sangat banyak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Hj. Dr. Nurjannah Ismail, M.Ag Pembimbing II : Rahmadyansyah, M.A
Uncontrolled Keywords: Motivasi Orangtua; Pondok Pesantren; Pembinaan Moral Anak
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics, Moral Philosophy (Etika dan Filsafat Moral)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Candra Eliza Candra
Date Deposited: 17 Jul 2019 09:52
Last Modified: 17 Jul 2019 09:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8943

Actions (login required)

View Item
View Item