Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan dengan Penerapan Metode Jigsaw di Kelas VII SMPN 8 Banda Aceh

Afnijar, 281223211 (2018) Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan dengan Penerapan Metode Jigsaw di Kelas VII SMPN 8 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan dengan Penerapan Metode Jigsaw di Kelas VII SMPN 8 Banda Aceh]
Preview
Text (Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan dengan Penerapan Metode Jigsaw di Kelas VII SMPN 8 Banda Aceh)
afnijar.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa salah satunya dipengaruhi oleh kurang bervariasinya metode yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran, sehingga menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa sangat rendah. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan pemilihan metode yang sesuai untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode Jigsaw pada materi pencemaran lingkungan di SMPN 8 Banda Aceh. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimen dengan desain One Group Pretest Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 8 Banda Aceh dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 yang berjumlah 21 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi untuk mengamati aktivitas belajar siswa dan soal tes untuk melihat hasil belajar siswa. Hasil penelitian aktivitas belajar siswa pada pertemuan I yaitu 74,06% dengan kategori aktif dan mengalami peningkatan pada pertemuan II yaitu 83,75% dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pretest 41,19 menjadi nilai rata-rata posttest 79,14. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilaithitung=11,64, danttabel =2,086, pada taraf signifikan 0,05 dengan db 20 dan N-Gain 0,63 dengan kategori sedang, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep siswa dengan menerapkan metode jigsaw pada materi pencemaran lingkungan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar di kelas VII SMPN 8 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1. Eva Nauli Taib, M.Pd 2. Nafisah Hanim, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Jigsaw, Aktivitas dan Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Afnijar Afni
Date Deposited: 14 Aug 2019 02:52
Last Modified: 14 Aug 2019 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9092

Actions (login required)

View Item
View Item