Strategi Komunikasi Edukasi Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan Dan Keindahan Kota Banda Aceh (Studi Penerapan Program Waste Collecting Point Di Gampong Alue Deah Teungoh Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh)

Itawarni, 140401079 (2019) Strategi Komunikasi Edukasi Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan Dan Keindahan Kota Banda Aceh (Studi Penerapan Program Waste Collecting Point Di Gampong Alue Deah Teungoh Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi Komunikasi Edukasi Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan Dan Keindahan Kota Banda Aceh (Studi Penerapan Program Waste Collecting Point Di Gampong Alue Deah Teungoh Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh)]
Preview
Text (Strategi Komunikasi Edukasi Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan Dan Keindahan Kota Banda Aceh (Studi Penerapan Program Waste Collecting Point Di Gampong Alue Deah Teungoh Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh))
ITAWARNI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Edukasi Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh (Studi Penerapan Program Waste Collecting Point di Gampong Alue Deah Teungoh Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh)”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi edukasi yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh (DLHK3) dalam penerapan program Waste Collecting Point (WCP) dan faktor penghambat DLHK3 Kota Banda Aceh dalam komunikasi edukasi penerapan program WCP di Gampong Alue Deah Teungoh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri atas Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan (DLHK3) Kota Banda Aceh, Kepala Bidang Program dan Pelaporan DLHK3, Kepala Bidang Kebersihan, Kepala Bidang Tata Ruang dan Pertamanan, Staf Sosialisasi DLHK3, Cleaning leader (pemimpin kebersihan) gampong Alue Deah Teungoh, Geucik gampong Alue Deah Teungoh, dan masyarakat gampong Alue Deah Teungoh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa strategi komunikasi edukasi yang dilakukan oleh DLHK3 Kota Banda Aceh dalam menerapkan program WCP bagi masyarakat Gampong Alue Deah ialah dengan melakukan sosialisasi secara langsung kepada masyarakat. Komunikasi edukasi oleh DLHK3 Kota Banda Aceh diawali dengan melakukan pendekatan bagi aparatur gampong seperti geuchik, sekdes dan perkumpulan ibu-ibu rumah tangga. Tidak hanya itu komunikasi edukasi dalam penerapan program Waste Collecting Point (WCP) juga memanfaatkan cleaning leader di setiap dusun yang ada di Gampong Alue Deah sebagai perantara antara DLHK3 Kota Banda Aceh dengan masyarakat. Pesan yang disampaikan dalam komunikasi edukasi ini berupa edukasi mengurangi sampah, membuang sampah pada tempatnya, menyampaikan kegunaan jenis sampah untuk bisa didaur ulang kembali, sehingga menjadi salah satu penunjang ekonomi masyarakat. Kendala pihak DLHK3 Kota Banda Aceh dalam melakukan komunikasi edukasi untuk program WCP ialah keterbatasan sumber daya manusia (SDM) dalam bidang komunikasi, minimnya kesadaran serta kepatuhan masyarakat terhadap peraturan serta keterbatasan sarana dan prasarana serta pembiayaan dalam pelaksanaan program WCP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1. Fajri Chairawati, S. Pd. I., MA 2. Fairus, S. Ag., MA
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Edukasi, DLHK3 Kota Banda Aceh, Waste Collecting Point, Gampong Alue Deah Teungoh
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Itawarni Ita
Date Deposited: 30 Jul 2019 02:14
Last Modified: 30 Jul 2019 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9201

Actions (login required)

View Item
View Item