Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Pendekatan Lingkungan Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV MIN 25 Aceh Besar

Aina Zahara, 140209097 (2019) Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Pendekatan Lingkungan Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV MIN 25 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Pendekatan Lingkungan Pada Pembelajaran IPA  Siswa Kelas IV MIN 25 Aceh Besar]
Preview
Text (Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Pendekatan Lingkungan Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV MIN 25 Aceh Besar)
FULL AINA ZAHARA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran bertujuan untuk mengembangkan siswa baik dari aspek pengetahuan, sikap, maupun keterampilan. Akan tetapi fakta di sekolah MIN 25 Aceh Besar berdasarkan hasil observasi terlihat bahwa guru kebih cenderung hanya memfokuskan perhatian pada aspek pengetahuan oleh sebab itu peneliti melakukan penelitian tentang “Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Pendekatan Lingkungan Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV MIN 25 Aceh Besar”. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah: 1). untuk mengetahui peningkatan aktivitas mengajar guru melalui penggunaan pendekatan lingkungan pada kelas IV MIN 25 Aceh Besar. 2). untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penggunaan pendekatan lingkungan pada kelas IV MIN 25 Aceh Besar. 3). untuk mengetahui penggunaan pendekatan lingkungan terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa pada kelas IV MIN 25 Aceh Besar. Penelitian yang digunakan dalam metode ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan tes dengan instrumen penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan skor rata-rata dalam rumus persentase. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus I mencapai kategori baik dengan nilai 65% dan siklus II mengalami peningkatan dengan nilai 89,58% dengan kategori sangat baik. Sedangkan pengamatan aktivitas guru pada siklus I sudah mencapai kategori baik dengan nilai 75,96%, dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai 80,55% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan terhadap keterampilan proses sains melalui pendekatan lingkungan pada pembelajaran tema peduli terhadap makhluk hidup kelas IV/b.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Tasnim Idris, M.Ag Pembimbing II : Wati Oviana, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses Sains, Pendekatan Lingkungan.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aina Zahara Aina
Date Deposited: 23 Aug 2019 08:38
Last Modified: 23 Aug 2019 08:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9582

Actions (login required)

View Item
View Item