Implementasi Pembelajaran PAI pada Sekolah yang Terkena Dampak Peristiwa Gempa di Kabupaten Pidie Jaya

Rilla Andani, 140201010 (2019) Implementasi Pembelajaran PAI pada Sekolah yang Terkena Dampak Peristiwa Gempa di Kabupaten Pidie Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Implementasi Pembelajaran PAI]
Preview
Text (Membahas tentang Implementasi Pembelajaran PAI)
Rilla Andani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Implementasi pembelajaran PAI di tingkat Sekolah Dasar merupakan hal yang sangat penting, terlebih pasca peristiwa gempa di Kabupaten Pidie Jaya. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik mengadakan penelitian dengan judul “Implementasi Pembelajaran PAI pada Sekolah yang Terkena Dampak Peristiwa Gempa di Kabupaten Pidie Jaya”. Adapun permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana kondisi pendidikan, implementasi pembelajaran PAI, serta tantangan dan peluang pembelajaran PAI pada sekolah yang terkena dampak peristiwa gempa di Kabupaten Pidie Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis, dengan pendekatan kualitatif, jenis Field Research (penelitian lapangan) yang didukung dengan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Maka yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah Kecamatan Meureudu dan Trienggadeng, dengan teknik pengambilan sampelnya teknik purposive sample, yaitu sekolah yang terkena dampak peristiwa gempa paling parah di Kabupaten Pidie Jaya antara lain SD Negeri Peulandok Tunong, SD Negeri Mesjid Trienggadeng dan SD Negeri 3 Meureudu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi pendidikan pasca gempa di Kabupaten Pidie Jaya sudah mulai membaik, karena sarana dan prasarananya sudah di bangun kembali walaupun masih juga terdapat beberapa kekurangan. Sekolah-sekolah tersebut juga ada di programkan Trauma Healing untuk siswa dan guru dengan tujuan untuk menghilangkan rasa trauma pasca gempa. Implementasi pembelajaran PAI di sekolah yang terkena dampak gempa di Kabupaten Pidie Jaya berjalan dengan lancar dan baik. Adapun tantangan dan peluang pembelajaran PAI di sekolah yang terkena dampak gempa adalah tantangannya siswa yang kurang tertarik dengan pelajaran agama dikarenakan pengaruh era globlisasi yang semakin modern. Mereka lebih tertarik dengan media sosial seperti HP dan game daripada pelajaran agama.Jadi dengan adanya tantangan-tantangan tersebut maka semakin besar peluang untuk guru PAI agar membimbing siswa-siswanya jauh dari pengaruh-pengaruh globalisasi tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Mujiburrahman, M.Ag 2. Muhajir, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran PAI.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rilla Andani Rilla
Date Deposited: 23 Aug 2019 08:40
Last Modified: 23 Aug 2019 08:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9592

Actions (login required)

View Item
View Item